KriminalitasPacitan

Polisi Bekuk Remaja Sindikat Curanmor

PACITAN, Jawa Pos radar Madiun – Jajaran Polres Pacitan membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dua terduga pelaku di bawah umur diamankan. ‘’Berinisial ASW 16 tahun dan FWS 17 tahun,” kata Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto Senin (2/3).

Keduanya diduga beraksi di lima tempat berbeda. Satu unit sepeda motor disikat di Kecamatan Pacitan (kota). Sedangkan empat unit sepeda motor lainnya diembat di Kecamatan Arjosari, Tegalombo, dan Kebonagung.

Modus pelaku terbilang konvensional. Yakni, merusak kontak dengan kunci T. Pun memanfaatkan kelengahan pemilik yang tidak mencabut kunci kontak saat memarkir kendaraan. “Yang punya kebetulan ketiduran di warung mi pukul 02.00, tahu-tahu motornya hilang,’’ ungkap Didik.

Hasil penyidikan, para pelaku merupakan anggota sindikat. Saat mencari sasaran, empat pelaku mengendarai mobil Daihatsu Xenia putih AE 1702 EV. Saat melihat Honda Beat biru diparkir di depan kos Desa Widoro, Kecamatan Pacitan, ASW dan FWS turun. Keduanya menuntun motor dan memasukkannya ke dalam mobil.

Dari hasil aksinya, mereka menjualnya dengan harga berkisar Rp 4 juta per unit. ‘’Dari hasil setiap penjualan motor, anak-anak ini mendapat uang Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu. Uangnya untuk gaya hidup dan sebagainya,’’ beber Didik.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti. Antara lain, dua unit sepeda motor lengkap dengan kunci kontak. Juga mobil Xenia AE 1702 EV. Para pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. ‘’Untuk pelaku di bawah umur  menunggu koordinasi dengan bapas. Perlakuan juga berbeda untuk masa penahanan di mapolres,’’ jelasnya.

Agar kasus serupa tidak terulang, dia mengimbau masyarakat Pacitan berhati-hati dan waspada ketika memarkir kendaraan. Pun selalu mencabut kunci.  ‘’Gunakan sistem pengaman kunci ganda,’’ imbaunya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button