Pacitan

Polisi Bekuk Penjual BBM Ilegal Lintas Daerah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sus, asal Desa Mrayan, Ngrayun, Ponorogo, harus dibui. Pria 56 tahun itu kedapatan mengangkut 35 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis premium bersubsidi yang diduga tidak berizin. ‘’Sebanyak 29 jeriken kami sita,” kata Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto Rabu (19/2).

Didik menerangkan, penangkapan Sus dilakukan Sabtu lalu (15/2). Bermula  ketika anak buahnya melakukan patroli di seputaran Desa Montongan, Tulakan. Kendaraan bak terbuka Mitsubishi nopol AE 8265 SG yang melintas dihentikan. Petugas curiga dengan muatan tertutup terpal yang diangkut. Sus tidak bisa menunjukkan dokumen perizinan kala BBM bersubsidi tersebut dicek. ”Beberapa jeriken kosong, diduga sudah laku sebelum ada penangkapan,” terangnya.

Hasil pemeriksaan, BBM itu rencananya akan dijual di tiga desa di Kecamatan Tulakan. Pelaku memilih lokasi itu karena masuk daerah perbatasan Pacitan dengan Ponorogo. Daerah itu dinilai minim pengawasan. ‘’Kasus ini dalam pendalaman,” katanya.

Didik menyatakan, pelaku dikenai pasal 53 Undang-Undang (UU) 22/2001 tentang Migas. Ancaman hukumannya maksimal tiga tahun penjara dengan denda Rp 30 juta. (gen/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close