News

Pola Lantai Pada Tari Kecak Adalah

×

Pola Lantai Pada Tari Kecak Adalah

Share this article

Pola Lantai Pada Tari Kecak Adalah – Meski tanpa musik, tarian ini terlihat sangat padu dan indah. Hal ini disebabkan denah yang digunakan dalam tari kekak

Tari Kekak merupakan tarian lokal yang berasal dari Bali. Tarian ini menggambarkan cerita Wayang yaitu cerita Ramayana.

Pola Lantai Pada Tari Kecak Adalah

Tarian ini diciptakan pada tahun 1930an oleh seniman Bali bernama Wayan Limbak dan pelukis Jerman bernama Walter Spies.

Tolong Jawab Yang Benar Plizzzzzzzzzz ​

Tahukah sobat, keunikan corak lantai tari kecak dan sisi misteriusnya membuat tarian ini selalu sukses menarik wisatawan.

Dalam ritual mengusir kejahatan ini, para penari tidak harus mengiringi setiap tariannya dengan alat musik, namun bisa lebih santai.

Diantaranya adalah bara api, gelang kerincingan, bunga kamboja, topeng, selendang hitam putih, serta sesaji yang menjadikannya semakin sakral.

Selain penari tersebut, masih ada penari lain yang menampilkan tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanuman dan Sugriwa.

Pola Lantai Gerak Tari Kreasi Dan Meragakan Tari Kreasi

Meski tarian ini tidak menggunakan alat musik apa pun sebagai pengiringnya, namun tarian kekak terlihat kokoh dan indah lho.

Pesan moralnya adalah keyakinan Siddha kepada suaminya, Rama, dan burung Garuda yang rela mengorbankan sayapnya demi menyelamatkan Siddha dari Rahwana.

Demikian penjelasan mengenai denah dan makna tari kecak. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi teman-teman ya.

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuan anda. Belajar lebih cerdas bersama adjar.id, dunia belajar anak Indonesia. Pola lantai merupakan garis atau arah langkah yang diikuti penari pada saat melakukan gerak tari. Selain itu, denah dapat berupa garis yang dibuat dengan membentuk kelompok penari atau gambaran posisi penari di area pertunjukan.

Sejarah Tari Kecak, Asal Daerah, Makna Dan Pola Gerakan

Nah guys, pernahkah kalian melihat pertunjukan tari secara live atau tidak? Coba perhatikan bagaimana para penari menggerakkan kakinya, langkah-langkah tersebut pasti akan menciptakan pola pada lantai.

Dalam beberapa tarian para penari, baik secara individu, berpasangan atau berkelompok, biasanya membentuk posisi atau formasi tertentu. Posisi dan formasi tertentu dalam tari disebut pola lantai.

Dalam Seni Budaya Tari, Maria Dharmaningsih menulis bahwa jenis pola lantai pada gerak tari terbagi dalam dua kategori, yaitu pola garis lurus dan pola lengkung.

Pola lantai garis lurus sering terlihat pada pertunjukan tari tradisional Indonesia. Denah garis lurus terdiri atas denah horizontal (horizontal), vertikal (tegak), dan diagonal (sudut).

Soal Sbd P Kelas 6 Semester 1 (tema2) 2019 2020 1 5

Dari desain garis lurus dapat tercipta berbagai desain lantai seperti horizontal, diagonal, garis lurus, zigzag, segitiga, persegi, dan segi lima.

Denah garis lurus memberikan kesan sederhana namun kuat. Garis horizontal akan memberikan kesan relaksasi. Sedangkan garis vertikal mampu memberikan kesan seimbang dan tenang. Garis lurus juga diartikan sebagai sikap jujur.

Baca Juga  Jelaskan Alasan Anda Mengapa Peluang Harus Segera Digunakan

Pola lantai garis lurus mendatar merupakan pola yang menunjukkan hubungan antar manusia. Contoh tarian tradisional yang menggunakan pola garis horizontal sederhana adalah tari Ganta dari Kalimantan Timur dan tari Ratoh Jaro dari Aceh.

Desain bujursangkar berbentuk vertikal ini melambangkan hubungan dengan Sang Pencipta. Contoh tarian tradisional yang menggunakan pola lantai garis lurus vertikal adalah tari Srimpi Pandelori dari Yogyakarta dan tari Baris Chengkedan dari Bali.

Pola Lantai Tari Kecak, Tarian Tradisional Yang Mendunia

Pola lantai garis lurus dapat berkembang menjadi pola diagonal V, zig zag, segitiga, persegi, dan segi lima.

Tari Yapong dari Betawi merupakan salah satu contoh tarian pola zigzag mendatar di lantai. Satu penari menghadap ke depan, dua penari menghadap ke kanan, dan dua penari menghadap ke kiri.

Desain lantai yang melengkung memberikan kesan lembut dan lembut yang manis. Desain lantai garis lengkung dapat dikembangkan menjadi lingkaran, setengah lingkaran, angka delapan, kurva busur maju atau mundur, kurva ular, spiral dan huruf S.

Desain tari rakyat biasanya menggunakan perpaduan desain lantai lurus dan melengkung. Pola lantai garis lurus dan garis lengkung yang terdapat pada tarian rakyat tradisional biasanya dikaitkan dengan tema magis atau religi.

Tarian Dan Pola Lantai

Desain lantai menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan dalam tari tradisional maupun tari kreasi baru.

Tidak hanya posisi dan formasi penari untuk menyempurnakan tariannya, desain lantai juga memiliki arti tersendiri, sesuai dengan tema pertunjukan tarinya.

Bentuk pola lantai harus disesuaikan dengan jumlah penari. Semakin banyak penari melakukan aksi tari, semakin besar kemungkinan untuk menciptakan desain lantai yang berbeda.

Pola garis dasar pada lantai pada dasarnya ada dua, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Dari desain garis lurus dapat tercipta berbagai desain lantai seperti horizontal, diagonal, garis lurus, zigzag, segitiga, dan persegi panjang.

Pola Lantai Pada Tari Kecak Yaitu

Sedangkan dari pola garis lengkung dapat dibuat berbagai pola lantai seperti lingkaran, angka delapan, garis lengkung depan, dan garis lengkung belakang.

Karya tari pertunjukan diciptakan untuk dipertunjukkan di hadapan orang lain. Hal ini memerlukan sebuah ruangan atau ruang pertunjukan. Denah ruangan atau ruang yang digunakan mempengaruhi bentuknya.

Misalnya, ruang pertunjukan berupa panggung berbentuk proscenium. Dengan panggung berbentuk proscenium, penonton hanya bisa melihat pertunjukan dari satu sisi saja. Oleh karena itu, denah yang disajikan pada panggung proscenium dibentuk sedemikian rupa sehingga seluruh penari dapat terlihat dari depan.

Sebaliknya, lebih baik jika ruang pertunjukannya berupa lapangan. Karena ruang pertunjukan adalah sebuah lapangan, penonton dapat melihat pertunjukan dari berbagai sudut. Oleh karena itu, denah yang disajikan lebih bebas bentuknya.

Baca Juga  Sebutkan 3 Bahan Dasar Serat Tekstil Yang Utama Dengan Benar

Tari Yapong: Asal Usul, Properti Hingga Pola Lantai Dan Gerakannya

Gerak tari mempunyai banyak bentuk. Setiap karya tari mempunyai irama yang berbeda-beda. Bentuk pola lantai juga bisa berbeda-beda tergantung dari ragam gerak tari. Rotasi lompatan tidak tepat jika dilakukan dengan pola lantai garis lurus. Semua tarian tradisional yang ditampilkan di Indonesia mempunyai sejarahnya masing-masing. Bali terkenal dengan kekayaan budaya dan adat istiadatnya. Sejarah Tari Kekak yang bermula di Bali merupakan tarian yang masih berlanjut hingga saat ini.

Salah satu bentuk kesenian khas Bali yaitu tari Kekak sudah lama menjadi daya tarik wisata masyarakat dari negara lain. Dalam sebuah pertunjukan, kesenian ini mampu menarik banyak penonton.

Tari Kekak terkenal dengan ritme dan formasi penari yang membentuk lingkaran sambil meneriakkan “kak kek ke kek ke k”. Tarian ini dibawakan oleh 50 hingga 150 orang penari yang sebagian besar adalah laki-laki. Para penari duduk bersila membentuk lingkaran membentuk formasi.

Tari Kekak dengan pola lantai melingkar menjadi simbol ketika barisan kera berperan sebagai prajurit dewa Hanoman membantu Rama dalam pertarungannya dengan Rahwana yang menculik dewi Sidda. Kostum yang digunakan berupa sarung dan kain persegi bermotif kotak-kotak berwarna hitam putih yang diikatkan di pinggang penari.

Gambarlah Pola Lantai Tari Saman Dan Tari Kecak​

Perkenalan kedua tokoh tersebut dianggap sebagai awal mula sejarah tari Kekak Bali. Tari Kekak ditemukan pada tahun 1930an oleh seorang pelukis Jerman bernama Walter Spies dan seorang penari Bali bernama Wayan Limbach. Keduanya menciptakan tari Kekak berdasarkan cerita Ramayana dan budaya Sang Hyang.

Tarian religi yang disebut Sang Hyang merupakan saluran pertukaran spiritual antara manusia dengan dewa atau leluhur. Mereka akan menari tanpa disadari, mereka menyukai musik latar dan perkusi. Praktik menahan bantuan ini merupakan tradisi budaya.

Tarian api juga merupakan salah satu nama tari Kechak. Bagi pengunjung Bali, tarian ini menjadi atraksi yang sangat dinantikan. Melalui studinya, Wayne Limbaugh sendiri berkontribusi terhadap penyebaran tarian ini ke seluruh dunia. Hingga saat ini para pelancong dari berbagai penjuru dunia yang datang ke Bali sangat suka melihat tari Kekak.

Sejarah tari Kekak Bali mengusung kisah Ramayana yang menjadi pusat kesenian ini. Tari Kekak mempunyai narasi yang dipentaskan baik dalam bentuk drama maupun tarian. Umumnya narasi berfokus pada penculikan dewi Siddha oleh Rahwana. Rama melakukan banyak upaya untuk membebaskan dewi Siddha, salah satunya adalah memohon bantuan kepada dewa Hanuman.

Unsur Pendukung Tari Dan Penjelasan Fungsinya, Ketahui Unsur Utamanya

Ajaran moral biasanya digambarkan dengan menunjukkan baik buruknya sifat seorang tokoh. Misalnya saja Rahwana yang digambarkan sebagai sosok serakah yang secara agresif melanggar hak orang lain. Dewi Cinta digambarkan berbakti kepada suaminya Rama. Ram masih berusaha menyelamatkan istrinya. Berhala burung Garuda menjadi berhala lain yang siap dikorbankan demi Rama dan Dewi Siddha.

Baca Juga  Salah Satu Asmaul Husna Adalah Al Akhir Yang Berarti

Baik umat Hindu maupun masyarakat Bali kerap menceritakan kisah ini. Namun meski wisatawan asing belum mengenal agama Hindu, berbagai kalangan tetap bisa mengapresiasi keaslian dan nilai kreatif tari Kekak.

Tidak ada alat musik pada saat tari Kechak dibawakan. Dalam pertunjukannya, puluhan penari menyanyikan “kak kak kak” untuk menciptakan “musik”. Dari sinilah asal usul nama “Kekak”. Gerakan para penarinya pun selaras dengan gerakan melingkar sehingga menjadikan tari Kekak memiliki nilai seni yang tinggi.

Tari Sang Hyang atau tari Kecak sering dipentaskan untuk tujuan hiburan. Namun tarian ini juga sering digunakan dalam upacara keagamaan. Roh leluhur dan dewa dapat berkomunikasi dengan manusia melalui tarian Kechak. Penari kekak mempunyai kekuatan untuk berkomunikasi dengan roh para dewa dan leluhur serta melakukan tindakan yang beresiko atau bahkan berbahaya.

Tarian Tradisional Dan Pola Lantai

Baca juga: 6 Pelabuhan Bali, Informasi Masuk Wisatawan dan Logistik Lengkap! 5 Tempat Menonton Tari Kekak di Bali

Berikut beberapa saran nonton tari kekak di Bali bagi anda yang sedang berkunjung dan tidak ingin melewatkan keseruan pertunjukan tari tradisional ini.

Uluwatu merupakan salah satu tempat paling populer bagi pengunjung untuk melihat sejarah tari Kekak Bali. Pengunjung bisa menyaksikan tarian kekak dengan latar belakang matahari terbenam yang indah dan romantis.

Lokasi pementasan tari yang berada di ketinggian sekitar 70 meter di atas permukaan laut dan menghadap ke barat, mendukung pemandangan matahari terbenam yang sungguh sempurna. Anda harus berada di Uluwatu sebelum jam 4 sore. Jika Anda berencana menonton pertunjukan ini, tiket sering kali terjual habis.

Kenali Pola Lantai Dalam Kesenian Tari: Apa Saja Jenis & Fungsinya?

Pertunjukan tari kekak di Tanah Lot menampilkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Tempat ini juga terkenal dengan keunikan gua ular suci yang dibuka untuk pengunjung secara gratis. Anda bisa mengagumi keindahan bebatuan alam sambil menunggu pertunjukan tari Kekak dimulai.

Ada banyak tempat di Ubud yang menampilkan Tari Kekak. mencari

Tari kecak adalah, pola lantai tari kecak, pola lantai tari merak, tari kecak memiliki pola lantai berbentuk, pola lantai pada tari, pola lantai tari tradisional, pola tari kecak, contoh pola lantai tari, tari kecak menggunakan pola lantai, keunikan dari tari kecak adalah, pola lantai tari kipas, pola lantai tari adalah