Magetan

Pohon Tua Tumbang Tutup Akses Jalan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Hujan deras disertai angin kencang yang sempat melanda wilayah Parang pada Minggu lalu (1/3) menumbangkan sebuah pohon trembesi. Pohon besar yang umurnya sudah tua dan sangat rindang itu tumbang menutup akses Jalan Raya Parang–Lembeyan di Desa Pragak, Parang.

Ranting pohon berdiameter 70 sentimeter itu juga menimpa atap teras toko warga. Petugas BPBD sempat kewalahan mengevakuasi batang pohon besar itu dari jalan. ‘’Butuh waktu hampir satu jam. Kendala lainnya, saat itu dalam kondisi hujan,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra Senin (2/3).

Pohon itu dianggap keramat oleh warga. Letaknya berada di punden desa setempat. Usianya diperkirakan sudah satu abad lebih. ‘’Batang pohon itu sudah keropos. Yang penting tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,’’ ujar Fery.

Sebelumnya, pihak BPBD telah mengajukan kepada disperkim untuk melakukan penebangan pohon tua di tepi jalan dan pemangkasan ranting pohon yang rawan tumbang. Karena prediksi BMKG hujan deras disertai angin kencang masih berpotensi terjadi sampai akhir Maret 2020. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button