Pacitan

Pohon Kelapa Bercabang Delapan di Pacitan, TMII Tawar Rp 15 Juta

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pohon kelapa di pekarangan Katirin tak tumbuh selumrahnya. Pohon kelapa umumnya hanya tumbuh lurus tanpa cabang. Namun, pohon di Dusun Kepuh, Desa Ploso, Kecamatan Punung, itu memiliki delapan cabang.

Katirin mengatakan, pohon kelapa dengan ketinggian sekitar 8 meter itu ditanam Kateno, adik kandungnya, pada 1980 silam. Dia pun tak mengira jika pohon kelapa itu akhirnya memiliki keanehan. ‘’Awalnya seperti pohon kelapa pada umumnya. Sejak tingginya mancik satu meter, cabangnya terus tumbuh hingga sekarang berjumlah delapan,’’ urainya, Jumat (1/10).

Pohon yang telah berusia 40 tahun itu berbuah sebagaimana lazimnya. Jenisnya kelapa hijau. Berbuah setiap dua hingga tiga bulan sekali. Pohon tersebut semula akan digeser karena tumbuh di atas kandang sapi. ‘’Saya urungkan niat itu karena takut pohonnya malah mati kalau dipindah. Akhirnya kandang sapinya saja yang mengalah,’’ terang Katirin.

Keunikan pohon bercabang delapan itu memantik minat Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Objek wisata nasional di Jakarta itu hendak membeli pohon aneh tersebut seharga Rp 15 juta. ‘’Tawaran itu saya tolak. Pohon ini tidak dijual. Bagi yang penasaran, silakan melihat langsung ke sini,’’ ucap Katirin. (ti2/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button