News

Pohon Gaharu Dilindungi Oleh Pemerintah Tujuan Pelestarian Pohon Tersebut Adalah

×

Pohon Gaharu Dilindungi Oleh Pemerintah Tujuan Pelestarian Pohon Tersebut Adalah

Share this article

Pohon Gaharu Dilindungi Oleh Pemerintah Tujuan Pelestarian Pohon Tersebut Adalah – DI SINI TENTANG KAMI KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB KOMERSIAL TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN HUBUNGAN INVESTOR DAN PEMBELIAN MEDIA DAN BERITA HUBUNGI KAMI

Pelestarian keanekaragaman hayati penting untuk mendorong perkembangan dan kesejahteraan setiap elemen kehidupan, termasuk makhluk hidup yang berbeda. Perusahaan energi menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan minyak dan gas, sementara menghadapi perusahaan publik yang mengharapkan tanggung jawab sosial dan lingkungan, termasuk melestarikan keanekaragaman hayati di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Pohon Gaharu Dilindungi Oleh Pemerintah Tujuan Pelestarian Pohon Tersebut Adalah

Dalam menjalankan operasi kami, kami selalu menghormati persyaratan peraturan lingkungan. Kami juga menerapkan berbagai program konservasi keanekaragaman hayati yang melampaui persyaratan tersebut (beyond complience). mengintegrasikan pengelolaan keanekaragaman hayati dengan memastikan keberlanjutan ekosistem, mencegah dan meminimalkan dampak kegiatan terhadap keanekaragaman hayati sepanjang siklus hidup struktur dan proyek di seluruh wilayah operasional perusahaan. Publikasi Program Keanekaragaman Hayati menunjukkan komitmen dan upaya berkelanjutan dalam pengelolaan lingkungan.

Perbedaan Pasar Karbon Sukarela Dan Pasar Karbon Wajib

PHM tersebut mengubah status dan kendena sumber dayya keanekaragaman hayati (KEHATI) yang mesitat, serta mengimplementasikan program perlindungan kehati Wilayah Kerja Mahakam.

PHM mengelola wilayah operasi seluas 3.266 migas seluas 44 km2 yang tergabung dalam ekosistem hutan dataran rendah, yaitu: ekosistem hutan dataran rendah, ekosistem hutan kerangas, ekosistem hutan rawa, ekosistem hutan riparian, ekosistem hutan mangrove. Delta Mahakam danekosistem muara. Selain itu, PHM juga mengelola Kawasan Konservasi Kehati kawasan Kebun Raya Balikpapan. Program pengelolaan dan perlindungan ekosistem hutan meliputi: Ekosistem Hutan Dataran Tinggi Rendah Green Belt dan Ekosistem Hutan Mangrove Delta Mahakam, K-FE Pusat Ekosistem Hutan Kerangas, Rehabilitasi DAS Kendilo Ekosistem Riparian, Komisi Ekosistem Pe Unggulyan . muara, Serta Taman Tematik Orchidarium Kebun Raya Balikpapan.

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga memiliki program konservasi keanekaragaman hayati yang melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah untuk berkontribusi langsung.

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) merupakan salah satu perusahaan dengan tipe ekosistem yang beragam. Lebih lanjut, terdapat tiga jenis ekosistem yang telah dioptimalkan oleh PHSS, yaitu ekosistem perbukitan, ekosistem pesisir, dan ekosistem terumbu karang. Dengan berbagai kondisi ekosistem tersebut, PHSS berupaya untuk dapat memberikan dampak positif bagi seluruh ekosistem melalui program dan programnya. Program keanekaragaman hayati PHSS dilaksanakan oleh 4 operator operasional yaitu Lapangan Badak, Lapangan Semberah, Lapangan Mutiara dan Lapangan Nilam. Keempat lapangan bersinergi untuk melakukan perbaikan dan melestarikan ekosistem serta keanekaragaman hayati.

Tumbuhan Hutan Rawa Gambut Merang Kepaya C23e0846

PT Pertamina EP (PEP) Sangatta Field memiliki program konservasi yang meliputi Taman Nasional Kutai dan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.

Baca Juga  Tabel 1.1 Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Lapangan Kawasan PEP Sangatta berada di sekitar Sangatta Selatan dan Sangkima, beberapa di antaranya merupakan bagian dari Wilayah Taman Nasional Kutai. Jenis ekosistem yang terdapat pada daerah penelitian adalah ekosistem terestrial dan ekosistem mentah. Ekosistem darat terdiri dari hutan kedua, semak belukar, serta vegetasi kadiwani purupa kebun kampusran dan pekarangan. Ekosistem Rawa terdiri dari vegetasi mangrove dan kampus Rawa.

PT Pertamina EP Tanjung Field Memiliki program konservasi flora dan fauna endemik Kalimantan Selatan yang juga bekerja sama da BKSDA dan LSM Setempat.

Lapangan Tanjung PT Pertamina EP (PEP) terletak di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, merupakan daerah dataran rendah sehingga suhu udara relatif hangat, sedangkan kondisi iklim rendah dengan udara panas. Kecamatan Tanjung terletak di sebelah selatan Kabupaten Tabalong yang berbatasan dengan Barito dan didominasi oleh dataran rendah dan rawa. Lokasi Lapangan PEP Tanjung terdiri dari dua wilayah geografis utama yaitu rendah dan rendah. Kawasan flatan rendah makadaan purapa lahan gambut hingga rawa-rawa sahat kaya akan sumber keanekaragaman hayati satwa air tawar. Dataran Tinggi Kawasan Tinggi sebagian masih berupa hutan tropis alami dan dilindungi oleh pemerintah.

Program Perlindungan Keanekaragaman Hayati

PT Pertamina EP Sangasanga Field memiliki program Bekantan Konservasi dan Orangutan Rehabilitasi Konservasi yang bekerja sama dengan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOSF).

PT Pertamina EP (PEP) Lapangan Sangasanga terletak di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara. Secara geografis Kabupaten Kutai Kartanegara terletak antara 115°26′-117°36′ Bujur Timur dan antara 1°28′ Lintang Utara-1°08′ Lintang Selatan dengan luas wilayah 27.263,10 km². Daratan Kabupaten Kutai Kartanegara terdiri dari gugusan gunung dan pegunungan. Kabupaten Kutai Kartanegara beriklim tropis dengan dua musim yaitu Penghujan dan Kemarau. Lokasi Lapangan PEP Sangasanga terletak di sekitar Delta Mahakam. Kawasan sungai di sekitar hutan bertipe rawa air payau dan ekosistem telah mempengaruhi pasang air laut sehingga dinilai cukup sehat sebagai habitat berbagai satwa yang salah satu ilah Bekantan.

PT Pertamina EP Sangatta Field – Lapangan Semberah memiliki program kerja sama konservasi keanekaragaman hayati bersama Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOSF) dan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.

Wilayah PT Pertamina EP Sangatta Field – Lapangan Semberah berada di sekitar Tanah Merah dan Sambutan. Jenis ekosistem yang terdapat pada daerah penelitian adalah ekosistem mentah dan ekosistem darat. Pada Ekosistem rawa terdiri dari vegetasi rawa. Vegetasi rawa terdapat di bengkel wilaya SBR 20, Pabrik Minyak Semberah, Sambutan 02A dan Kantor Binangat. Sedangkan ekosistem darat terdiri dari hutan sekunder yang tersebar di sepanjang sungai, pepohonan belukar dan vegetasi budidaya yang sebagian besar berupa tanaman jati, mahoni, trembesi, dan sengon.

Baca Juga  Aspek Informasi Uraian

Biodiversity Protection Program

Unggulan Keanekaragaman Hayati yang dokukan oleh lapangan Bunyu yaitu program Ekowisata Cemara Cemara Laut dalam Penangan Populasi Elang Bondol (EKOLEGON).

PT Pertamina EP Bunyu Field mempunyai program keanekaragaman hayati yang luar biasa yaitu Kawasan Konservasi Bekantan, Kawasan Konservasi Nibung, Kawasan Konservasi Mangrove, dan Kawasan Konservasi Bekantan; Kawasan Konservasi Elang Laut Perut Putih Pulau Bunyu; Pembangunan Menara Bird Hide di Area Konservasi Pulau Bunyu; BEATLES (Ecopark dan Konservasi Penyu Balimbangan); Konservasi Aneka Mangrove Terminal Konservasi Kawasan Mangrove; AFLIEN (Konservasi Nibung Zona Flora Pelestarian); ESFLONTA (Zona Konservasi Flora Pelestarian Telaga Patra); FLOKAHAR 1 (Zona Pelestarian Flora Konservasi Gaharu 1); FLOKAHAR 2 (Zona Pelestarian Flora Konservasi Gaharu 2); FLOKANTAN (Pelestarian Flora Zone Konservasi Bekatan) dan EKOLEGON (Ekowisata Cemara Laut dalam Penanggan Populasi Elang Bondol). Kedepannya PT Pertamina EP Bunyu Field dirancang untuk meningkatkan populasi satwa dan flora endemik di habitat kelestarian serta kawasan konservasi.

PT Pertamina EP Tarakan Field mengimplementasikan program perlindungan keanekaragaman hayati melalui kegetiani konservasi satwa umung flora endemik dan entrerangankan punah.

PT Pertamina EP Tarakan Field berkomitmen untuk melindungi kawasan konservasi tertentu. Program konservasi unggulan yang dilakukan PT Pertamina EP Tarakan antara lain konservasi mangrove di Bekantan melalui Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tarakan serta konservasi tanaman tarakpa dan konservasi tanaman tarakpa endemik. (KMBB) yang bekerja sama dengan Pemerintasi Kota Tarakan melayani Konservasi Tanaman Endemikpasu di Kalimanta ten Nunukan. Kegiatan konservasi yang dilakukan PT Pertamina EP Tarakan berhasil meningkatkan populasi bekantan dari kondisi dasar 31 ekor menjadi 45 ekor. Selain itu, PT Pertamina EP Tarakan berhasil meningkatkan populasi tanaman endemik Kalimantan yaitu tarap (Artocarpus odoratissimus) sebanyak 158 pohon dan berhasil melakukan konservasi tanaman yang berstatus spesies terancam punah (endangered) menurut data dari Daftar Merah IUCN. Kedepannya PT Pertamina EP Tarakan Field akan terus berkomitmen untuk meningkatkan populasi satwa dan flora endemik serta menjaga habitat ekologis dan kawasan konservasi.

Informasi Umum Kehutanan 2002

Program unggulan keanekaragaman hayati PHKT DOBS yaitu konservasi anggrek secara ex situ melalui pengembangan Taman Tematik Orchidarium Kebun Raya Balikpapan.

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur Daerah Operasi Bagian Selatan (PHKT DOBS) menetapkan kawasan konservasi di 3 lokasi (tiga), yakni kawasan Terminal Lawe-Lawe, Mangrove Kampung Baru, dan Kebun Raya Balikpapan. PHKT DOBS mempunyai beberapa program konservasi yaitu program Rawat Tumbuh dan Hijaukan Bumi (RATU BERSEMI) yang fokus pada konservasi flora dan fauna melalui budidaya lahan, program Kampung Baru Mangrove Ecowisata melalui penanaman mangrove bersama komunitas untuk masyarakat, program Tannovasi Per RAM, Programa Inovasi Pemanfaatan Coir Sheet pour Pot Tanaman Anggrek (FORTUNA) merupakan program Taman Tematik Orchidarium yang fokus pada konservasi anggrek Kalimantan.

Baca Juga  Menuliskan Informasi Dapat Berbentuk Tabel Yang Disebut

Keanekaragaman hayati PHKT DOBU yaitu program konservasi Lutung Kelabu melalui perimeter jalur hijau Santan melalui penghijauan dan penanaman tanaman pakan.

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur Daerah Operasi Bagian Utara (PHKT DOBU) telah menetapkan kawasan konservasi di beberapa lokasi, yakni Terminal Santan, Mangrove Pantai Kersik, dan Terusan Sebuntal. PHKT DOBU mempunyai beberapa program konservasi yaitu Inisiatif Kawasan Terbatas bagi Tanaman (IATT) melalui penetapan kawasan lindung, Pelestarian Aneka Hewan Endemik (PAHE) melalui upaya edukasi dan penyadartahuan masyarakat, Inovasi Burung Burung Endemikkwas Program Danemikwas (PAHE), Program Inovasi. Seedball merupakan program konservasi mangrove di kawasan Daerah Abrasi Pantai di Kersik dan Terusan Sebuntal. Selanjutnya program inovasi yang diluncurkan pada tahun 2023 adalah program Alat Pencabut Tanaman Jenis Cabutan Alam (ALPACA).

Tujuan Pelestarian Pohon Gaharu Ini Penting Bagi Masyarakat

PHM telah mengevalasikan status dan kendena sumber dayya kehati yang mesasa, serta mengimplementasikan program perlindungan kehati Wilayah Kerja Mahakam.

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) adalah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) SKK Migas yang sejak tanggal 1 Januari 2018 telah dikanka sebagai Operator kegitangan hulu migas di Wilayah Kerja (WK) Mahakam yang telah beroperasi sejak tahun Area PHM Mengellaas Opera 1974. 3,266 , 44 km seqi yang membentang dari enam ekosistem, antara lain: ekosistem hutan redan, ekosistem hutan kerangas, ekosistem hutan rawa, ekosistem hutan riparian, ekosistem hutan mangrove Delta Mahakam; ekosistem muara. Program pengelolaan dan perlindungan keanekaragaman hayati telah diimplementasikan secara berkelanjutan untuk denmangu Kebijakan Keberlanjutan Pertamina yang meliputi:

Ekosistem hutan dataran rendah dan ekosistem hutan mangrove Delta Mahakam; K-FE Pusat Ekosistem Hutan Kerangas; Serta Nelayan Pesisir Unggul terhadap ekosistem perairan muara.

Lapangan Sangasanga mempunyai program keanekaragaman hayati antara lain Konservasi Bekantan, satwa langka endemik

Buletin Kundungga 2014 Pages 1 50

Hewan yang dilindungi oleh pemerintah, tujuan pelestarian, tujuan pelestarian hewan, tumbuhan yang dilindungi oleh pemerintah, tumbuhan yang dilindungi pemerintah, tujuan pelestarian lingkungan, tujuan pembuatan reklame tersebut yang benar adalah, tujuan pelestarian hewan langka, hewan yang dilindungi pemerintah, pohon gaharu adalah, pohon gaharu, apa tujuan iklan tersebut