Magetan

PKL Boleh Jualan Asal Tak sampai Malam

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Satpol PP dan Damkar Magetan memberi kelonggaran bagi pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Diponegoro. Mereka diperbolehkan berjualan di trotoar namun hanya sampai sore. ”Malam steril. Lapak harus dibereskan,” kata Kasatpol PP dan Damkar Magetan Chanif Tri Wahyudi.

Aturan bagi PKL yang kebanyakan menjual makanan dan buah-buahan itu berdasarkan musyawarah bersama. Toleransi tetap diberi meski sebenarnya aktivitas niaga mereka mengganggu hak pejalan kaki. Namun, Satpol PP dan Damkar Magetan tetap menghormati keberadaan mereka untuk mencari nafkah di sepanjang trotoar. Mengingat tidak ada tempat relokasi yang tepat bagi mereka. ”Titik temunya ya bongkar pasang dan pembatasan waktu jualan,” ujarnya.

Sebelumnya, belum ada trotoar yang dibangun di sekitar Jalan Diponegoro. Setelah selesai dibangun trotoar, mereka yang dulunya berjualan di bahu jalan pun berpindah ke trotoar. Padahal, trotoar itu digunakan untuk para pengunjung Jalan Diponegoro yang hendak berbelanja. ”Demi kenyamanan pengujung, kami berikan batasan bagi PKL yang ingin berjualan,” tuturnya.

Bongkar pasang, tegas Chanif, tidak menyulitkan PKL. Rata-rata lapak mereka hanya terdiri gerobak, meja, dan payung besar. Tidak ada yang menggunakan terpal selayaknya warung semipermanen. ”Kami sudah imbau agar tidak menambah properti lagi,” ujarnya.

Satpol PP dan Damkar Magetan juga mengintensifkan pengawasan dengan berpatroli di kawasan tersebut. Jika ditemui pedagang melanggar kesepakatan, maka tak segan untuk ditindak. Lapak tak sesuai ”spesifikasi” atau berjualan lewat jam kesepakatan, pasti dibongkar. ”Kami meminimalkan penindakan. Kalau masih kooperatif, cukup ditegur secara lisan,” terangnya.

Pengawasan juga menghindari adanya oknum yang nekat mendirikan bangunan permanen di atas trotoar. Karena secara langsung akan mengalihkan fungsi trotoar dari pedestrian menjadi tempat jualan. ”Kami juga melarang paguyuban menambah anggota,” pungkasnya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button