Ngawi

PKL Boleh Berjualan hingga Sahur

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Aturan mengenai jam berjualan pedagang kaki lima (PKL) kembali berubah. Sepanjang Ramadan ini, mereka diperbolehkan berjualan hingga sahur. ”Aturan sebelumnya kan hanya pukul 16.00 sampai 21.00,” kata Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Ngawi Arif Setiyono Senin (27/4).

Arif menjelaskan, aturan baru itu didasarkan pada Surat Edaran Bupati Ngawi Nomor: 443/22.51/404.106/2020 tentang Ketertiban Umum Selama Bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah. Dalam surat itu disebutkan bahwa PKL yang berjualan di lokasi sementara atau trotoar diizinkan berjualan mulai pukul 16.00. ”Jam tutupnya tidak disebutkan, tapi karena ini bulan puasa diberi kelonggaran sampai sahur,” paparnya.

Meski begitu, kata Arif, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi para PKL. Di antaranya, menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir, menerapkan social distancing dan physical distancing, serta tidak boleh menyediakan fasilitas makan di tempat. Selain itu, wajib mengenakan masker. ”Jadi, tidak boleh untuk nongkrong atau berkerumun. Kalau ketahuan, tetap akan kami tutup paksa,” tegasnya.

Aturan yang memperbolehkan berjualan itu tidak berlaku bagi PKL di depan kantor pemkab dan ring road. Sebab, sesuai surat edaran itu, kedua ruas jalan tersebut disterilkan dari aktivitas perdagangan.

Surat edaran tertanggal 23 April lalu itu memuat larangan kegiatan tempat hiburan malam (THM) dan rekreasi. Di sisi lain, memperbolehkan usaha rumah makan, kafe, pertokoan, dan minimarket tetap beroperasi dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan.

Pemkab juga melarang warga memperjualbelikan maupun menggunakan petasan selama Ramadan. Sementara, bagi yang tidak berpuasa dilarang makan atau minum di tempat umum. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close