Magetan

Panggung Teater Alun-Alun Magetan Bakal Dibongkar

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Keberadaan panggung teater yang berada di sisi utara Alun-Alun Magetan bakal dihapus. Sekalipun fisik bangunan yang mempunyai luas 10×10 meter tersebut masih bagus. ‘’Akan dibongkar, tapi teknisnya seperti apa masih belum tahu,’’ kata Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Magetan Mujiono Kamis (1/8).

Selama ini panggung teater itu digunakan pada waktu-waktu tertentu. Seperti saat ada penyelenggaraan nonton bareng sepak bola atau pemutaran film sejarah peringatan G30S/PKI. Pemanfaatan panggung teater itu bahkan hanya berlaku saat musim kemarau. Sebab, bangunan tersebut tanpa dilengkapi atap. ‘’Panggung teater dipindahkan ke gedung kesenian,’’ terangnya.

Dengan dipindah ke ruang indoor, Mujiono berharap panggung teater selanjutnya bisa menjadi lokasi kegiatan rutin kebudayaan. Sedangkan, lokasi panggung teater sekarang bakal dibangun toilet. ‘’Ini sesuai hasil kajian tim ahli dari Universitas Brawijaya,’’ jelasnya.

Saat ini, berkas pembangunan toilet sudah diserahkan kepada bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setdakab Magetan. Jika prosesnya lancar, pekan depan sudah bisa dilakukan pelelangan. Pengerjaannya pun segera dapat dilaksanakan. ‘’Kami berharap lelangnya bisa lancar dan ada pemenangnya. Sehingga, bisa langsung dikerjakan,’’ tutur Mujiono.

Meski demikian, pihaknya mengaku pengajuan pembangunan toilet itu tergolong terlambat. Karena lebih dulu harus ada perubahan desain penataan alun-alun. Sehingga, prosesnya memakan waktu. ‘’Pengembangan alun-alun ini kami lakukan bertahap. Menyesuaikan anggaran yang ada. Tapi, targetnya tiga tahun tuntas,’’ katanya.

Mujiono menyatakan konsep Alun-Alun Magetan nantinya bakal ramah difabel. Misalnya dengan penyediaan fasum bagi kaum berkebutuhan khusus tersebut. Sebelumnya, dia juga sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait proyek yang menelan anggaran Rp 1,5 miliar tersebut. ‘’Anggaran itu sekalian dipakai untuk membangun ruang informasi di sebelah barat PKL center,’’ sebutnya. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button