Pacitan

Pilkades Serentak, Pemprov Tak Restui Cuti Bersama

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rencana cuti bersama yang digagas Pemkab Pacitan saat pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 14 Oktober mendatang terganjal. Koordinasi dengan Biro Pemerintahan Provinsi Jatim berbuah jawaban tak menggembirakan. ‘’Mereka menyarankan dispensasi untuk izin mencoblos,’’ kata Kasubag Pemerintahan Setkab Pacitan Muchamad Chusnul Faozi Minggu (29/9).

Alasannya, cuti bersama bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, harus melalui koordinasi tiga kementerian. Yakni, Kemendagri, Kemen PAN-RB, dan Kemenag. Itu pun harus melalui Perpres. ‘’Takutnya juga tidak akan cukup kuat mengikat BUMN atau swasta,’’ ujarnya.

Menurut dia, tidak semua instansi bisa mengikuti kebijakan libur masal tersebut. Sebab, mereka juga memiliki aturan yang mengikat. Khususnya, instansi swasta. Pun lembaga pendidikan. ‘’Sekolah menengah atas juga kewenangan provinsi,’’ imbuh Chusnul.

Sehingga, dispensasi dinilai paling memungkinkan. Nantinya disampaikan melalui surat ederan (SE) Bupati Pacitan. Isinya tentang imbauan memberi kesempatan warga untuk memilih. Baik kepada pekerja swasta maupun pelajar. Mereka bisa meliburkan atau sekadar memberi kesempatan mencoblos pada jam kerja atau sekolah.

Domisili warga juga jadi pertimbangan. Pasalnya, pilkades serentak tidak digelar di semua desa. Hanya di 113 desa. Selain itu, mekanisme pemberlakuan SE juga tidak saklek. ‘’Nanti disesuaikan dengan standard operating procedure (SOP) masing-masing instansi,’’ tuturnya.

Meski begitu, Pemkab Pacitan tetap berupaya meliburkan masal warganya saat coblosan. Itu sesuai tujuan awal mendongkrak partisipasi pemilih. Meski telah disarankan biro pemerintahan provinsi untuk memberi dispensasi, pihaknya juga akan berkonsultasi ke pemerintah pusat. ‘’Masih kami pertimbangkan. Libur masal daerah atau sebatas imbauan,’’ katanya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close