Madiun

Pilkades Serentak Kabupaten Madiun Terancam Ditunda, 143 Desa Tanpa Kades Tetap

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Seratusan desa di Kabupaten Madiun terancam tak punya kepala desa (kades) tetap. Pasalnya, jabatan para kades yang ada saat ini segera habis. Sementara, di sisi lain, pelaksanaan pilkades serentak pada Oktober mendatang belum mendapat restu dari pemerintah pusat. ‘’Kami berharap dilaksanakan tahun ini. Tapi, sekadar antisipasi, ada yang perlu disiapkan sejak dini,’’ kata Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono. Rabu (15/9).

Tahun ini, 143 desa di Kabupaten Madiun dijadwalkan menggelar pesta demokrasi serentak. Namun, jadwal itu jadi abu-abu seiring terbitnya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam surat itu, pilkades serentak harus ditunda hingga 9 Oktober 2021 mendatang. Pertimbangannya, situasi pandemi Covid-19.

Pemkab Madiun telah menyiapkan skenario pelaksanaan pilkades serentak akhir tahun ini jika penundaan tak diperpanjang. Hanya, konsekuensinya, pelantikan kepala desa (Kades) terpilih dilakukan tahun depan. ‘’Kalau itu (penundaan, Red) diperpanjang, eksekutif harus menyiapkan penataan penjabat (Pj) kepala desa,’’ ujarnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button