Mejayan

Pilkades Serentak di Kabupaten Madiun Masih Tanda Tanya

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Kerangka acuan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Madiun sudah sampai di meja Bupati Ahmad Dawami. Hanya saja, untuk pelaksanaannya masih menunggu petunjuk pemerintah pusat. ‘’Opsi sudah kami naikkan ke pimpinan dan disetujui,’’ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Madiun Joko Lelono, Kamis (9/9).

Diketahui, pemerintah pusat menginstruksikan daerah menunda pilkades karena situasi pandemi Covid-19. Dapat digelar atau tidak, kepastiannya setelah 9 Oktober 2021 sesuai ketentuan Mendagri. Sebagai persiapan, Pemkab Madiun menyusun opsi akhir tahun ini. ‘’Sisa waktu itu masih cukup. Hanya, konsekuensinya pelantikannya tahun depan,’’ ujarnya.

Joko menjelaskan, tahapan pilkades nanti akan diimpit-impitkan. Kendati demikian, durasi tiap tahapan tetap mengacu regulasi yang ada. Hanya jeda antar tahapan yang dipangkas. ‘’Mekanisme pilkades seperti itu disiapkan jika penundaan pilkades tidak diperpanjang, termasuk jadwalnya,’’ ungkapnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button