Ngawi

Pilkades Serentak Bakal Terapkan Sistem E-Voting

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Ngawi memang masih lama. Namun, dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) setempat telah menyiapkan terobosan baru. Yakni, penerapan sistem e-voting. ‘’Saat ini masih tahap perencanaan penyusunan perdanya,’’ kata Kepala DPMD Ngawi Kabul Tunggul Winarno Senin (2/3).

Menurut dia, pilkades sistem e-voting sudah saatnya diterapkan di Ngawi. Sebab, cara konvensional menggunakan kertas dinilai kurang efisien. ‘’Pelaksanaan e-voting di beberapa daerah terbukti cukup efisien,’’ ungkapnya.

Selain payung hukum berupa perda, penerapan pilkades e-voting harus mempertimbangkan kesiapan anggaran. Itu mengingat pengadaan peralatannya membutuhkan biaya tidak sedikit. ‘’Berapa anggaran yang dibutuhkan, kami belum melakukan kajian. Menunggu adanya perda terlebih dahulu,’’ terangnya.

Kesiapan SDM, kata Kabul, juga menjadi penentu. Sebab, merekalah yang akan meng-handle sistem e-voting. Termasuk melakukan perbaikan jika terjadi eror. ‘’Tidak hanya operatornya, perangkat desa juga harus siap dan diberikan wawasan tentang e-voting,’’ ujarnya.

Diakuinya, sistem e-voting memiliki banyak kelebihan. Antara lain, pelaksanaannya lebih praktis dan hasilnya bisa diketahui lebih cepat dibanding cara konvensional. ‘’Juga memangkas anggaran karena yang terlibat lebih sedikit,’’ tuturnya.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kecakapan calon pemilih lantaran merupakan pengalaman pertama mencoblos dengan sistem e-voting. Karena itu, perlu adanya sosialisasi menyeluruh maupun simulasi. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button