PolitikPonorogo

Pilkada Bisa Jadi Bencana

Akademisi Pesimistis Target Partisipasi Pemilih Tercapai

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Akademisi pesimistis angka partisipasi pemilih Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Ponorogo 2020 tembus target. Pandemi Covid-19 dikhawatirkan akan menggerus jika tidak ada langkah jitu dari penyelenggara, pengawas, maupun kontestan dalam meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

‘’Dalam situasi normal saja target partisipasi sulit dipenuhi, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Apalagi kalau KPU dan para kandidat tidak punya metode baru dalam mengajak masyarakat menyalurkan suara mereka,’’ kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Umpo) Ayub Dwi Anggoro Selasa (8/9).

KPU menargetkan 77 persen partisipasi pemilih. Sementara, perkembangan kasus Covid-19 sulit dibendung. Jumlah kasus konfirmasi di Ponorogo kini hampir tembus 300. Sedangkan kontrol terhadap protokol kesehatan pada tahapan pilkada sejauh ini masih relatif longgar. ‘’Para kontestan masih menggunakan pola kampanye lama, yaitu mengumpulkan massa,’’ ujar doktor filsafat (PhD) dari Universitas Sultan Zainal Abidin, Malaysia, itu.

Ayub menilai masa kampanye bisa menimbulkan masalah baru. Jika protokol kesehatan tidak dijunjung di masa pandemi ini. ‘’Kalau KPU, bawaslu, dan peserta pilkada masih menerapkan pendekatan seperti biasa, maka bisa-bisa pilkada ini akan menghasilkan bencana baru,’’ ungkapnya.

Menurut Ayub, sepatutnya elite politik bersikap arif, tidak mengandalkan cara lama untuk mendulang suara. KPU juga diminta memfasilitasi kolaborasi peserta dan elemen seperti media massa. ‘’Pandemi ini fenomena baru. Sehingga, butuh kerja yang tidak biasa dari elemen yang terlibat di pilkada. Kalau biasa saja, saya pesimistis,’’ tuturnya.

Di lain pihak, Ketua KPU Ponorogo Munajat mengatakan target partisipasi pemilih ditetapkan 77 persen secara nasional. KPU akan mengupayakan berbagai cara agar target tersebut dapat tercapai di Ponorogo. Munajat pun berharap demikian. ‘’Semoga bisa tercapai,’’ harapnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button