Advertorial

Pikat Pelancong, Pemkot Madiun Benahi Sektor Wisata

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Penataan wisata menjadi konsen Wali Kota Madiun Maidi tahun ini. Salah satunya terkait pembenahan bangunan cagar budaya. Di antaranya Rumah Tahanan Militer. Maidi mengaku rencana penataan itu bakal dikonsulitasikan dengan Pemprov DKI Jakarta. ‘’Destinasi wisata akan kami benahi,’’ kata Maidi di sela peresmian proyek di Sumber Wangi Kamis (29/4).

Pemkot juga berencana membangun pusat ekonomi wisata baru. Proyeksi itu dimulai dengan membangun Jalan Rimba Dharma untuk kemudian disulap menjadi sentra wisata kuliner. Tahun lalu proyek tersebut diawali dengan menormalisasi sungai sepanjang 178 meter mulai dari perempatan Diponegoro hingga Jalan Setiyaki.

Tahun ini sungai di sepanjang Jalan Rimba Dharma itu akan di-box culvert. Ditutup hingga kantor Perhutani. Anggaran sebesar Rp 10 miliar telah disiapkan untuk pekerjaan fisik tersebut. Selanjutnya pedestrian sepanjang setengah kilometer itu bakal ditempati sekitar 200 pedagang kaki lima (PKL).

Selain di titik tersebut, megaproyek Peceland juga mulai dirintis. Diawali dengan pembangunan Jalan Tirta Raya senilai Rp 5 miliar. Sungai yang ada di sepanjang jalan itu nanti bakal ditutup box culvert. ‘’Fokus utamanya tetap pemulihan ekonomi. Caranya melalui peningkatan destinasi wisata dan pusat ekonomi baru,’’ ungkap Maidi.

Yang paling sentral adalah program kelurahan mandiri. Maidi berharap tahun depan muncul potensi seribu UMKM baru dari program tersebut. Dia menuturkan keberadaan UMKM itu nantinya bisa menjadi destinasi wisata dan kuliner masyarakat. ‘’Kalau semua sudah dibenahi tentu kota ini akan menjadi jujukan warga dari daerah lain,’’ terang pejabat asal Magetan tersebut.

Tidak hanya itu pasar-pasar akan diperbaiki bertahap. Ada dua pasar yang sudah masuk daftar pembenahan. Di antaranya relokasi Pasar Kembang ke Jalan Dawuhan dan pembangunan pujasera Pasar Sleko. ‘’Ketika pasar dibenahi masyarakat itu akan betah belanja. Jadi, ekonomi warga bisa berputar,’’ kata Maidi. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button