Magetan

Petugas Satpol PP Magetan Tertibkan Sampah Banner

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan –Sampah visual di ruas jalan Magetan tiada habisnya. Satpol PP dan damkar setempat mempreteli ratusan banner melanggar selama empat hari penertiban yang berakhir Kamis (31/10). ‘’Kesalahan pemasangan,’’ kata Kasatpol PP dan Damkar Magetan Chanif Tri Wahyudi.

Chanif menyebut, media promosi melanggar Perda 3/2014 tentang Ketertiban dan Ketentraman Masyarakat yang diberangus. Sasaran tidak hanya belum mengantongi izin, tapi posisi pemasangan salah. Pihaknya tidak akan tebang pilih sekalipun banner atau spanduk itu sudah membayar retribusi. ‘’Jadi pembelajaran ke pemasang. Meski sudah berizin, kalau pemasangannya tidak benar, ya ditertibkan,’’ bebernya.

Korps penegak perda mencopot banner di sejumlah ruas jalan Kecamatan Magetan sampai Maospati kemarin. Sebelumnya, Karangrejo, Barat, Kawedanan, dan Bendo. Bersih-bersih dilaksanakan mulai pagi hingga malam. Sebab jangkauan wilayahnya cukup luas. ‘’Mubazir jika sudah izin, tapi tidak benar memasangnya,’’ ujar Chanif.

Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) digandeng untuk mengedukasi pemilik banner. Persoalannya, pemilik menggunakan jasa pihak ketiga untuk pemasangan. Karena dikejar target, tata cara memasangnya sembarangan. ‘’Mungkin karena butuh lama memasang di tiang, akhirnya dipaku di pohon,’’ ungkapnya.

Penertiban media promosi melanggar sejatinya dilaksanakan rutin. Petugas hampir pasti pulang membawa barang sitaan. Fakta bahwa tidak sedikit yang mengabaikan tindakan satpol PP. ‘’Kegiatan kami tidak berhenti sampai di sini. Terus dilanjutkan sampai bersih,’’ pungkas Chanif. (bel/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close