Madiun

Petani Tenggelam di Waduk Dawuhan, Jasad Ditemukan setelah 18,5 Jam

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Waduk Dawuhan, Sidomulyo, Wonoasri, kembali menelan korban jiwa. Basuki, 30, warga setempat, tenggelam hingga hilang nyawa. Kendati ada kejanggalan, polisi mengklaim tidak ada unsur kejahatan dalam peristiwa tersebut. ‘’Korban tenggelam setelah melompat dari perahu ketika mendekati pinggir waduk,’’ kata Kapolsek Wonoasri Iptu Agustinus Dwi Tjahjono Rabu (14/7).

Kejadian bermula saat Basuki bersama dua rekannya hendak menuju ladang Selasa (13/7) sekitar pukul 18.30. Mereka berniat mematikan mesin diesel irigasi. Perjalanan menggunakan perahu kecil alias tembo. ‘’Korban tiba-tiba melompat seperti ingin berenang begitu saja, saat sudah dekat tepi waduk,’’ ungkap Kapolsek.

Kejanggalan tersebut coba ditelisik. Dua petani rekan Basuki sudah diperiksa. Hasil keterangan dua saksi tersebut, tidak ada tanda-tanda kejahatan. Misalnya, unsur kesengajaan mendorong korban yang tidak bisa berenang. ‘’Setelah ditemukan, tidak didapati tanda-tanda kekerasan dari hasil visum di tubuh korban. Ini kecelakaan,’’ tegas Agustinus.

Basuki tenggelam selama 18,5 jam sampai berhasil dievakuasi tim search and rescue (SAR) gabungan. Seperti Sat Brimob Batalyon C, BPBD, SAR MTA, dan sejumlah unsur terkait di wilayah setempat. Jasad Basuki berhasil dientaskan pukul 13.00 Rabu (14/7). ‘’Selasa petang, warga melakukan pencarian manual. Kemudian baru dilaporkan pagi tadi (kemarin, Red),’’ ujar Agustinus sembari menyebut tidak ada kendala yang berarti dalam pencarian.

Tewasnya Basuki di waduk bukan kejadian kali pertama. Untuk itu, Agustinus mengimbau masyarakat lebih berhati-hati saat berada di Waduk Dawuhan. ‘’Masyarakat harus sadar bahwa berbagai kemungkinan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Jadi, lebih baik selalu waspada dan berhati-hati daripada mengalami kejadian yang tidak diharapkan,’’ tuturnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button