Madiun

Petani Porang Butuh Patokan Harga

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Petani porang di Kabupaten Madiun menaruh harapan besar menyusul kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kamis lalu (19/8). Jokowi datang ke kabupaten ini, salah satu agendanya melihat produksi porang secara langsung. ‘’Harapannya ada patokan harga porang,’’ kata Dikir, petani porang asal Desa Klangon, Saradan, Minggu (22/8).

Jokowi terkesan dengan melimpahnya produksi porang di Kabupaten Madiun. Di sisi lain, petani porang dihadapkan masalah harga. Dikir menyebutkan, harga umbi porang saat ini Rp 6.500 per kilogram. Atau tinggal setengahnya dari tahun lalu, yakni Rp 13 ribu. Kondisi seperti itu merugikan petani. ‘’Rugi besar terutama bagi petani pemula. Harga bibit saat beli mahal, pas panen anjlok,’’ ungkapnya.

Menurut Dikir, petani porang di Kecamatan Saradan kaget dengan anjloknya harga itu. Yakni, sampai 50 persen dari harga normal. Dia tidak tahu-menahu penyebabnya. Karena itu, petani di Kecamatan Saradan menunda panen porangnya di lahan sekitar 1.500 hektare. ‘’Semoga pemerintah bisa mencari solusi patokan harga porang,’’ tutur wakil ketua Forum Komunikasi LMDH Kabupaten Madiun itu. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button