AdvertorialMagetan

Pesta Demokrasi 184 Desa Terlaksana tanpa Kendala

MANUAL-DIGITAL BERJALAN LANCAR

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – 184 kepala desa dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Magetan Suprawoto Senin (16/12). Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak kali ketiga Rabu lalu (27/11) terasa lebih istimewa. Karena digelar dengan dua sistem yang berbeda: manual dan e-voting. Sebanyak 18 desa dari 18 kecamatan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak melaksanakan pilkades e-voting.

Pelaksanaan pilkades baik yang manual maupun digital berjalan sukses. Pada awal ditetapkannya 18 desa yang menggelar e-voting, sempat mengalami penolakan dari sejumlah pihak. Kegagalan sempat membayangi pelaksanaan pilkades digital. Namun, kekhawatiran itu terjawab. Masyarakat Magetan tak hanya cerdas dalam memilih pemimpin, tapi juga sanggup menjalankan proses demokrasi serta memanfaatkan kemajuan teknologi terlaksananya e-voting tanpa kendala.

Isu money politics yang dikemas sebagai ’’gantine kerjo’’ juga membayangi pelaksanaan pilkades serentak. Namun, dari 184 desa yang melaksanakan pilkades serentak, tak satu pun yang mengajukan gugatan hukum. Semuanya menerima. Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat Magetan telah dewasa dalam berdemokrasi maupun memanfaatkan teknologi. Itu tak lepas dari kesiapan dan kesigapan serta kerja keras pemerintah yang dikendalikan oleh Bupati Magetan Suprawoto dan Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti. Serta dukungan aparat keamanan dan panitia.

Kini, para pemimpin desa telah lahir untuk mewujudkan impian dan harapan masyarakat. Harapan itu sangat relevan dengan kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang menempatkan desa sebagai ujung tombak dalam pembangunan. Anggaran besar pun telah dialokasikan. Itu menjadi tantangan kades dalam menjalankan program kerja selama enam tahun ke depan.

Mereka juga harus mempersatukan kekuatan yang sempat terbelah selama pilkades. Setelah dilantik, mereka bukan lagi milik satu pendukung. Tetapi menjadi bapak dari semua pendukung. Bukan hal mudah, namun bukan mustahil untuk dilaksanakan. Selamat kepada kepala desa terpilih atas amanah yang diemban. Terima kasih warga yang telah menyukseskan pilkades serentak. Mari bersama menjadikan “Semangat Magetan Terdepan” sebagai semangat untuk melakukan perubahan menuju Magetan Sehat, Maju, Agamis, Ramah, Terampil (SMART). (humpro/bel/c1/fin/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button