Madiun

Peserta SKB CPNS Diminta Bersabar

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Semua harus bersabar. Termasuk peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS). Bagi yang telah lolos seleksi kompetensi dasar (SKD), tahap lanjutan berupa  seleksi kompetensi bidang (SKB) harus ditunda tersebab pandemi virus korona.

Sedianya, seleksi lanjutan itu digelar Maret lalu. Sampai kini, pemerintah pusat belum menginstruksikan lebih lanjut. Apakah seleksinya kelak dilangsungkan melalui online atau ada formula lainnya. ‘’Sampai saat ini belum ada petunjuk dari pusat,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun Haris Rahmanudin.

Surat edaran terakhir dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), panselda diminta menunggu petunjuk lebih lanjut sampai kondisi pandemi ini dinyatakan aman. Peserta yang telah lolos pun tak perlu khawatir SKB dibatalkan. Sebab, anggaran CPNS 2019 sejauh ini tidak direalokasi untuk penanganan pandemi. ‘’Anggaran tahapan lanjutan seleksi CPNS 2019 tidak dialihkan,’’ tegasnya.

Apakah anggaran CPNS 2020 juga tetap dipertahankan atau direalokasi untuk penanganan pandemi? Tentunya akan ada petunjuk dan pedoman terkait lanjutan. BKD bakal mengikuti setelah ada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis). ‘’Semua menunggu dari pusat,’’ kata Haris.

Secara garis besar, SKB hanya menunggu waktu. Artinya, bakal tetap dilaksanakan setelah pandemi terlewati dan keadaan kondusif. Haris meminta peserta bersabar dan memahami keadaan ini. Jika ada instruksi dari pusat, pihaknya bakal menginformasikan lebih lanjut. Jika nekat dilaksanakan, sangat berisiko terhadap persebaran Covid-19. Apalagi peserta tidak hanya berasal dari kota setempat, melainkan dari berbagai daerah. ‘’Menunggu petunjuk lebih lanjut sampai kondisi dinyatakan aman,’’ jelasnya.

Diketahui, 421 dari total 3.781 peserta dinyatakan lolos ke tahap SKB. Mereka akan memperebutkan 164 formasi di Kota Madiun. Perinciannya, 67 tenaga pendidik, 50 tenaga kesehatan, dan 47 tenaga teknis. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close