Advertorial

Perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi Unmer Madiun

Kembangkan Simbatan Menjadi Desa Wisata

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, semakin berkembang berkat program pengabdian masyarakat Tim Program Pemberdayaan Desa Mitra (PPDM) Universitas Merdeka (Unmer) Madiun. ‘’Kami melanjutkan pengembangan sheltered workshop bagi penyandang disabilitas, serta melaksanakan sejumlah program lain,’’ kata Ketua Tim PPDM Unmer Madiun Tatik Mulyati.

Tahun lalu Tim PPDM Unmer Madiun memindahkan sheltered workshop dari balai desa ke bangunan eks lumbung padi dan direnovasi total. Tahun ini dilanjutkan dengan perluasan lahan dan pembangunan pagar. ‘’Program ini berlangsung tiga tahun,’’ ujar Tatik, sembari menyebut kegiatan ini merupakan perwujudan tridarma perguruan tinggi Unmer Madiun.

Tim PPDM Unmer Madiun juga menanam 225 pohon tabebuya dan plumeria. Mereka juga melaksanakan pavingisasi sepanjang 450 meter, pembuatan pintu gerbang dan pagar bambu di Taman Dewi Sri, serta membangun 20 lapak untuk warga. ‘’Sepuluh lapak sudah dibangun, sisanya dalam proses,’’ tegasnya.

Tahun depan, tim yang diketuai Tatik dan beranggotakan Ahadiati Rohmatiah, Anik Tri Haryani, serta Hendro Susilo itu berencana menyinergikan sheltered workshop yang memberdayakan penyandang disabilitas dalam membuat batik ciprat dengan objek wisata di desa setempat. ‘’Seluruh mitra kami, mulai KSM Sambung Roso, pokdarwis, karang taruna, PKK, hingga Pemdes Simbatan, mendukung penuh,’’ terangnya.

Tatik menambahkan, program ini dibiayai Kemendikbud/BRIN. Dalam tiga tahun pelaksanaan PPDM, selalu melalui proses monitoring dan evaluasi. Baik pada tahun pertama menuju kedua, maupun tahun kedua menuju ketiga. ‘’Perlu dukungan seluruh stake holder dan pemkab agar program ini berkelanjutan dan berkesinambungan,’’ tuturnya.

Bupati Magetan Suprawoto mengapresiasi upaya Tim PPDM Unmer Madiun. Pemberdayaan yang mereka lakukan di Simbatan akan bermanfaat dalam memajukan desa setempat. Harapannya, Simbatan kelak berkembang menjadi salah satu desa wisata unggulan di Magetan. ‘’Kami berterima kasih kepada Unmer Madiun yang telah melaksanakan program pengabdian masyarakat di Simbatan,’’ pungkasnya. (ebo/c1/naz/adv/bar)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button