Magetan

Perusahaan Tambang Ilegal di Temboro Abaikan Keselamatan Kerja

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sejumlah masalah terkuak dari aktivitas pertambangan ilegal di Temboro, Karas. Usai digerebek polisi pekan lalu, tambang pasir milik MR, warga setempat, itu ditengarai tak hanya melanggar izin dan lingkungan, tapi juga membahayakan pekerja. ‘’Perusahaan tersebut tidak pernah melapor,’’ kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Magetan Gatot Sapto Priyono, Jumat (1/10).

Gatot menyayangkan sikap pasif perusahaan pertambangan yang dimiliki MR tersebut. Selayaknya tempat usaha lain yang mempekerjakan karyawan, usaha galian C milik warga Temboro itu juga harus melapor kepada disnaker. Mulai dari standard operating procedure (SOP) usaha, jumlah pekerja, hingga penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Perusahaan tambang, lanjut Gatot, tetap wajib memberitahukan kepada Disnaker Magetan berbagai hal itu kendati urusan pengawasan K3 berada di tangan Disnaker Jatim. Sebab, urusan pembinaan ada di tangan daerah. ‘’Kami kesulitan hendak menjalankan pembinaan kalau tidak ada laporan dari perusahaan,’’ bebernya. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button