Madiun

Pertimbangkan Situasi, Deadline Penutupan THM Dikoreksi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Penutupan tempat hiburan malam (THM) diperpanjang sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mempertimbangkan situasi terkini, pemkot harus mengoreksi deadline penutupan THM yang sedianya berakhir 29 Maret lalu. ‘’Boleh beroperasi lagi jika situasinya sudah berangsur membaik,’’ kata Kepala Satpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyono.

Terlebih, sebentar lagi juga memasuki Ramadan. Di setiap bulan suci, operasional THM pun selalu dibatasi. ‘’Kalau sebelumnya hanya pembatasan jam, sekarang tutup total,’’ ujarnya.

Satpol PP kini tengah mengajukan surat edaran (SE) terkait ke wali kota. Setelah disetujui, pembaruan aturan penutupan sementara itu bakal diberlakukan bagi 24 THM di Kota Madiun. ‘’Semua pihak harus mengantisipasi penyebaran virus korona ini,’’ pintanya.

Wali Kota Madiun Maidi menegaskan, perpanjangan masa penutupan sementara THM diputuskan berdasarkan pertimbangan matang. Toh, dalam situasi pandemi ini, jika tetap memaksa beroperasi tentu pengunjung bakal ragu untuk mendatanginya. Justru, THM bakal semakin terbebani dengan biaya operasional yang tinggi. ‘’Sampai kondisinya dinyatakan benar-benar aman,’’ katanya.

Jika sampai ada THM yang tetap beroperasi di masa pandemi ini, lanjut Maidi, maka itu bertentangan dengan imbauan menjaga jarak yang diserukan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. ‘’Sekarang ini, tempat orang kumpul dan bersenang-senang itu kalau bisa membantu yang kekurangan,’’ ujarnya.

Perpanjangan larangan beroperasi ini juga mempertimbangkan pengunjung THM yang mayoritas berasal dari luar kota. Dikhawatirkan membawa hal-hal yang tidak diinginkan. Dia juga meminta seluruh THM memaklumi kondisi tersebut. ‘’Tolong ya, ditunggu dulu instruksi lebih lanjut,’’ pintanya.

Adapun restoran dan warung makan tetap diperbolehkan buka selama tidak melayani tamu di tempat. Cukup melayani pengunjung secara take away alias dibungkus. Saat ini, kerumunan harus dihindari. ‘’Tempat kuliner tetap dibutuhkan untuk menyuplai kebutuhan pangan masyarakat,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close