Pertanyaan Tentang Pancasila – 2 PERTANYAAN KELOMPOK PEMBELAJARAN PPKN MATA PELAJARAN Pancasila dan Ruang Lingkup Pendidikan Kewarganegaraan 1. Bahasa Dan. Soekarno sebelum sidang BPUPKI tahun 1945. 1 Juni: Lahirnya Pancasila. 2. Pidato Dr. Mohammad Hatta Terhadap Senat Fakultas UGM 1956 Tanggal 27 November: Masa Lalu dan Masa Depan. Feit, Herbert; Castles, Lance, Pemikiran Politik Indonesia, LP3ES, Jakarta. Sumarsono, S., Drs., MBA, dkk., 2005 Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. Suprijadi, Bambang, Drs., Msi., Ed., 2004 Pendidikan Pancasila Bagi Mahasiswa, LP3JATIM – Universitas Wijaya Kusuma. Tulis dan mengobrol dalam bahasa Anda! Pidato Bung Karno dan Bung Hatta (pendakwah) 1. Dan pidato dalam teks. Sukarno tentang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, apa argumentasinya tentang masing-masing sila/prinsip tersebut. Bagaimana dengan memaksa lima sila menjadi Trisila dan Ekasila. 2. Dr. Mahammad Hatta, apa pendapatnya tentang kapitalisme, liberalisme, kolonialisme dalam kaitannya dengan keberadaan negara Indonesia. 3. Apa hubungan konsep gotong-royong dalam kedua bahasa tersebut? Pendidikan Pancasila 4. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi mengapa penting dan apa peran perguruan tinggi? Bagaimana dengan patologi budaya Pâncasila dan kesadaran budaya Pâncasila serta tindakan koherensi, konsistensi dan kepatuhan. Pendidikan Kewarganegaraan 5. Apa yang menjadi dasar persiapan pendidikan kewarganegaraan khususnya terkait dengan proses globalisasi. Keterampilan apa yang diharapkan dari siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan.
MATERI PERTANYAAN KULIAH TOPIK KULIAH 2 PEMBAHASAN Filsafat Pancasila (1): Pancasila sebagai Sistem Filsafat Negara Sumber: Kaelan, MS., Dr., 2004, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta. Tuliskan dan diskusikan pengertian filsafat. Tuliskan dan diskusikan rumusan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan sistem: a.organik b.bersifat hirarki dan piramidal c.saling melengkapi dan memperbaharui hubungan 3.menulis dan membahas satuan sila-sila sebagai suatu sistem filsafat a. Landasan antropologis/ontologis b. Landasan epistemologis c. Kerangka Aksiologis Menulis dan mendiskusikan nilai-nilai Pancasila sebagai kerangka dasar berbangsa dan bernegara Indonesia. Menulis dan mendiskusikan isi pokok sila-sila pancasila
Pertanyaan Tentang Pancasila
4 PERTANYAAN PEMBAHASAN KULIAH KULIAH 3 Falsafah Pankasila (2): Pankasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Sumber: Salim, Arshal, GP, at al., 2000, Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil, IAIN Jakarta Press, Jakarta . Suprijadi, Bambang, Drs., Msi., Ed., 2004, Pendidikan Pancasila Bagi Mahasiswa, LP3JATIM – Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya. Ideologi Pancasila membuka jalan bagi lahirnya tafsir-tafsir baru. Menjelaskan! Jelaskan pengertian ideologi, implikasi logis pankasila sebagai ideologi, hubungan antara ideologi dan realitas sosial. Jelaskan tentang kritik terhadap pancasila sebagai ideologi, kekuatan pancasila sebagai ideologi. Anda sesekali menggambarkan perjalanan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia. Jelaskan upaya mewujudkan kembali ideologi Pancasila bagi masyarakat sipil Indonesia yang ditantang oleh ideologi lain/asing.
Ppkn Bs Kls_x_rev
PERTANYAAN BAHAN PEMBAHASAN TOPIK MATA KULIAH 4 Ciri Identitas Nasional Indonesia Sumber: Salim, Arshal, GP, at al., 2000, Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil, IAIN Jakarta Press, Jakarta. Nasikun, Prof. Dr., at al., 2006 Pancasila sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Pembangunan Nasional, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta. Menjelaskan konsep identitas atau jati diri. Jelaskan tentang jati diri bangsa! Jelaskan tentang kebanyakan negara. Dalam tulisan M. Sastraprateja, bagaimana posisi Pancasila ketika berhadapan dengan: Pandangan Daniel Bell tentang “The End of Ideology”; Francis Fukuyama tentang “Akhir Sejarah”; dan Samuel P. Huntington tentang “The Clash of Civilizations” untuk Negara Indonesia di Masa Depan. Bagaimana pandangan M. Sastraprateja tentang politik identitas bangsa dan politik ilmu pengetahuan.
PERTANYAAN PEMBAHASAN KULIAH MATERI MATA KULIAH 5 MATA KULIAH HAK DAN TANGGUNG JAWAB WARGA Sumber : Sumarsono, S., Drs., MBA, at al., 2005, Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. Salim, Arshal, GP, dkk., 2000, Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil, IAIN Jakarta Press, Jakarta. Jelaskan pengertian warga negara menurut UUD 1945 Jelaskan hak dan kewajiban warga negara indonesia dalam UUD 1945 Menguraikan dan menjelaskan hukum kewarganegaraan yang telah berlaku di Indonesia. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri warga negara yang demokratis! Keterampilan apa yang harus dikembangkan warga negara dalam negara demokrasi.
PERTANYAAN DISKUSI MATERI KULIAH TOPIK 6 dan 7 HAM dan Negara Hukum (1 dan 2) Salim, Arshal, GP dkk., , Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil, IAIN Jakarta Press, Jakarta. Sumarsono, S., Drs., MBA, at al., , Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. Mendiskusikan dan menjelaskan A. Magna Charta B. Hak-hak pada tahun 1689. deklarasi C. Declaration des Droits de Phomme et du Citogen 1789 D. Bill of Rights 1769. Mendiskusikan dan menjelaskan hak-hak politik, sosial dan ekonomi terhadap hak asasi manusia dalam Deklarasi Universal Hak Untuk pria itu. Diskusikan dan jelaskan empat generasi hak asasi manusia. Membahas dan menjelaskan Piagam Madinah. Diskusikan dan jelaskan Piagam Kairo.
8 PERTANYAAN DISKUSI TOPIK KULIAH 8 Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi (1) Salim, Arshal, GP, at al., 2000 Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil, IAIN Jakarta Press, Jakarta. Sumarsono, S., Drs., MBA, dkk., 2005 Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. Mendiskusikan dan menjelaskan bentuk pemerintahan yang paling baik dan konsep demokrasi. Mendiskusikan dan menjelaskan konsep demokrasi elektoral, demokrasi liberal dan non-doktoral. Mendiskusikan dan menjelaskan negara demokrasi semu dan negara non demokrasi. Mendiskusikan dan menjelaskan tentang demokrasi dalam perspektif pembangunan. Mendiskusikan dan menjelaskan (pengertian) tentang demokrasi di Indonesia dan fungsi Pancasila.
Solution: Soal Soal Demokrasi Pancasila Past Quiz
MATA KULIAH PEMBAHASAN MATA KULIAH MATA KULIAH 9 MATA KULIAH Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi (2) Salim, Arshal, GP, at al., 2000 Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil, IAIN Jakarta Press, Jakarta. Sumarsono, S., Drs., MBA, dkk., 2005 Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. Mendiskusikan dan menjelaskan hakikat demokrasi. Mendiskusikan dan menjelaskan sejarah perkembangan demokrasi di Barat dan di Indonesia. Membahas dan menjelaskan supremasi hukum, masyarakat sipil, infrastruktur politik, dan pers yang bebas dan bertanggung jawab sebagai komponen pendukung demokrasi. Mendiskusikan dan menjelaskan hubungan antara demokrasi dan agama. Diskusikan dan jelaskan prospek demokrasi di Indonesia.
10 DISKUSI KELOMPOK MATA KULIAH PERTANYAAN MATERI TOPIK 10: Geopolitik Indonesia Afandi, Widoyo, .Reformasi Indonesia, Diskusi Geografi Politik dan Geopolitik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Salim, Arshal, GP, dkk., 2000 Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil, IAIN Jakarta Press, Jakarta. Sumarsono, S., Drs., MBA, dkk., 2005, Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. 1. Menurut Widoyo Alfandi, apa itu politik? 2. Menurut Widoyo Alfandi, apa yang dimaksud dengan geografi politik? 3. Menurut Widoyo Alfandi, apa yang dimaksud dengan geopolitik?
11 MATERI PERTANYAAN KULIAH PEMBAHASAN KELOMPOK MATA PELAJARAN 11 DAN 12: Geostrategi Indonesia Afandi, Widoyo, .Reformasi Indonesia, Diskusi Geografi Politik dan Geopolitik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Sumarsono, S., Drs., MBA, dkk., 2005, Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. 1. Menjelaskan pengertian hakikat dan konsep pertahanan negara di Indonesia. 2. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip ketahanan nasional di Indonesia. 3. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri pertahanan negara indonesia. 4. Ada 5 aspek pertahanan negara di Indonesia, negara dan jelaskan secara singkat pengaruhnya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.
12 BAHAN PERTANYAAN UNTUK PEMBAHASAN KELOMPOK KULIAH TOPIK 13: Perspektif Nusantara Afandi, Widoyo, .Reformasi Indonesia, Diskusi Perspektif Geografi Politik dan Geopolitik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. .Sumarsono, S., Drs., MBA, at al., 2005, Pendidikan Kewarganegaraan, PT. Kerumunan Pustaka Utama, Jakarta. 1. Jelaskan cara pandang kebangsaan suatu bangsa. 2. Sikap kebangsaan suatu bangsa dibentuk dan diresapi oleh ideologi kekuasaan dan geopolitik yang dianutnya. Menjelaskan. 3. Menjelaskan konsep kekuatan nasional Indonesia. 4. Mendeskripsikan geopolitik Indonesia. 5. Jelaskan landasan filosofis Perspektif Nusantara. 6. Menjelaskan implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan berbangsa. 7. Apa ajaran utama perspektif Nusantara. Sebutkan dan jelaskan. 8. Ada tiga konsep utama dalam perspektif Nusantara. Sebutkan dan jelaskan. 9. Menjelaskan hakikat perspektif Nusantara. 10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan arah pandang dan arah pandang lapangan. 11. Menjelaskan letak, fungsi dan tujuan wawasan nusantara. 12. Mempresentasikan dan menjelaskan tantangan penerapan Pancasila.
Bacaan :pertanyaan :bagaimana Penerapan Pancasila Di Era Globalisasi?
13 BAHAN PERTANYAAN 14 KELOMPOK MATA KULIAH TOPIK 14: Negara Indonesia dan Pancasila Suprijadi, Bambang, Dr., Msi., Ed., Pendidikan Pancasila Bagi Mahasiswa, LP3JATIM – Universitas Wijaya Kusuma. 1. Jelaskan kemunduran nasionalisme Indonesia. 2. Menjelaskan pengertian pergeseran paradigma dalam berpikir. 3. Jelaskan pengertian pengembangan diri.
KARENA HAL LAIN (PERSIAPAN MULAI TERLAMBAT, LIBUR KANTOR, DOSEN PUNYA TUGAS LAIN) KEKURANGAN DANA UNTUK PELAJARAN SAAT INI. JADI, SISWA DAPAT MENGKOORDINASIKAN WAKTU TAMBAHAN DENGAN GURU. MAHASISWA YANG MELAKUKAN PERORANGAN JILID SAMPAI MATA PELAJARAN 14. TINDAKAN INDIVIDU DILAKUKAN SELAMA KULIAH/KULIAH PENGGANTI DAN SETELAH UAS. SETIAP SISWA WAJIB MEMILIKI 1 SALINAN BUKU PELAJARAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MATA PELAJARAN 1 SAMPAI DENGAN 14 DAN WAJIB MEMBAWANYA KE KELAS UAS. Pelajari Trihar
Agar situs ini berfungsi, kami merekam data pengguna dan membagikannya dengan administrator. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Jelaskan akibat jika suatu bangsa tidak memiliki sikap terhadap kehidupan? >>>> Tanpa sikap hidup, suatu bangsa akan selalu dihadapkan pada persoalan-persoalan dalam masyarakatnya sendiri maupun persoalan-persoalan besar kemanusiaan dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia ini. Apa yang ada dalam pandangan dunia bangsa? )).
Contoh pertanyaan tentang pancasila, kumpulan pertanyaan tentang pancasila, pertanyaan pancasila, pertanyaan tentang filsafat pancasila, pertanyaan dan jawaban tentang pancasila, pertanyaan tentang pendidikan pancasila, pertanyaan tentang ideologi pancasila, pertanyaan tentang demokrasi pancasila, pertanyaan tentang pancasila sebagai ideologi, pertanyaan tentang pancasila sebagai etika politik, pertanyaan pancasila sebagai ideologi negara, pertanyaan tentang pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia