Advertorial

Pertamina Pacu UMKM Naik Kelas dengan Olah Karung Goni jadi Produk Berkualitas

SURABAYA, Jawa Pos Radar Madiun – Program kemitraan Pertamina menyasar hampir semua sektor usaha. Mereka kemudian dibina hingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Sehingga, menjadi UMKM yang naik kelas ke tahapan Go Modern, Go Digital, Go Online, dan mampu menembus pasar global.

Misalnya usaha yang dijalani oleh Tatik Nurhayati. Kendati mengandalkan karung goni sebagai bahan dasar menciptakan produk miliknya, namun Tatik tidak ingin karyanya terlihat ketinggalan zaman. Dari situ kemudian Pertamina hadir untuk memberikan pendampingan kepada Tatik untuk mengembangkan usahanya. ‘’Banyak sekali mendapat masukan baik dari segi kualitas bahan maupun motifnya agar lebih kekinian dan berkelas,’’ ujar pemilik UMKM Rose Tulip itu, Rabu (24/2).

Alhasil, semenjak menjadi mitra binaan Pertamina pada 2017 lalu usahnya makin berkembang. Baik dari segi volume produksi maupun penjualan kian bertambah. Beragam bentuk produk telah diciptakannya. Di antaranya, tas dan dompet. Aksesori tersebut diberi motif alam seperti dedaunan, bunga, serta kayu-kayuan.

Sebelumnya, Tatik merupakan karyawan di sebuah perusahaan. Namun, dia memilih mengundurkan diri dan memulai peruntungan di dunia usaha. Usaha pertamanya pada saat itu adalah properti dekorasi rumah yang didominasi motif-motif alam dan berdesain vintage. Seiring dengan berjalannya waktu, Tatik pun merambah hingga memanfaatkan karung goni ini.

Kesuksesan usahanya pun berdampak pada orang-orang di sekitar rumahnya di Jalan Wonosari Kidul, Surabaya. Kini dirinya dibantu tiga orang untuk memproduksi banyaknya pesanan yang mengalir. Mereka merupakan tetangga dan para ibu rumah tangga dekat tempat tinggalnya. Dari sini, Tatik berharap mereka dapat memperoleh tambahan pemasukan ekonomi bagi keluarganya.

Pemasaran produknya kini sudah menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia. Terlebih setelah dia mendapatkan sejumlah tips dan trik berjualan di media sosial dari Pertamina. Tatik langsung mengaplikasikan dan segera merasakan dampaknya. Hingga kini, dirinya mengaku mampu meraup omzet lebih dari Rp 10 juta tiap bulannya. ‘’Bagi yang penasaran bentuk produk kami bisa dilihat pada media sosial @kreasigonisurabaya,’’ tuturnya.

Terpisah, Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menambahkan, pihaknya akan mendukung pengembangan produk unik dan kreatif seperti yang dilakukan Tatik. UMKM tersebut akan terus dikembangkan dengan skema pembinaan Go Digital, Go Modern, Go Online, hingga Go Global. ‘’Kami optimistis para binaan akan mampu diajak berkembang dan naik kelas. Serta menerapkan SGGs point 8 dengan membantu orang di sekitarnya dan mendukung pertumbuhan ekonomi,’’ jelasnya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button