Advertorial

Pertamina-Balai Pustaka Bantu Perpustakaan Digital di Surabaya dan Jombang

SURABAYA, Jawa Pos Radar Madiun – Kerja sama pendidikan dijalin antara PT Pertamina (Persero) dengan Balai Pustaka. Kerja sama itu meliputi peningkatan literasi dan ilmu pengetahuan. Bentuknya berupa perpustakaan digital untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Muhammadiyah K.H. Mas Mansyur, Surabaya dan Ponpes Fathul Ulum, Jombang.

Penyerahan itu dilakukan secara simbolis oleh Rusminto Wahyudi, Senior Spv CSR dan SMEPP Pertamina Marketing Region Jatimbalinus dengan didampingi pihak Balai Pustaka sebagai penyedia Perpustakaan Digital pada Kamis (6/5) lalu.

‘’Keberadaan perpustakaan, rumah pintar, dan taman bacaan menandakan adanya perhatian terhadap kegiatan Literasi dimana menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, menganalisis, mengevaluasi, mengelompokkan, dan memahami, terutama di bidang baca dan tulis. Hari ini dengan sinergi antar BUMN antara Pertamina dan Balai Pustaka mencoba mewujudkan hal tersebut,’’ terang Rusminto, Senin (24/5).

Lebih lanjut, Rusminto berharap dengan adanya perpustakaan digital itu bisa memberikan dampak positif bagi para santri. ‘’Semoga dapat menumbuhkan kepedulian santri terhadap bantuan taman bacaan dan perpustakaan digital itu, dapat meningkatkan minat baca santri dan semua elemen ponpes, juga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan mengintegrasikan kegiatan belajar mengajar dengan pustaka digital yang berada di ponpes tersebut,’’ tambah Rusminto.

Pengelola Panti Pondok Pesantren K.H. Muhammadiyah, Syamsu Muktamar mengapresiasi dukungan dari Pertamina dan Balai Pustaka terkait program perpustakaan digital tersebut. ‘’Semoga dengan hadirnya pustaka digital ini mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi sejak usia dini,’’ harapnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR Marketing Region Jatimbalinus Deden Mochamad Idhani menambahkan bahwa kerja sama itu merupakan bagian dari fasilitas EduBP yang tersebar di seluruh lokasi binaan Pertamina. Untuk tahun 2021 sendiri, ada sekitar 40 bantuan perpustakaan digital yang mendapatkan fasilitas EduBP dari Pertamina. Di mana tiga di antaranya berada di wilayah Jatimbalinus.

‘’Harapan kami, semoga fasilitas ini dapat meningkatkan dan membantu proses belajar mengajar serta meningkatkan minat baca masyarakat untuk generasi yang lebih baik,’’ harapnya. (ser/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button