Advertorial

Perpustakaan Megah Jadi Ikon Daerah

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Komitmen Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono mendongkrak budaya literasi di kalangan warganya patut diacungi jempol. Hal itu dibuktikan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung yang memadai. Salah satunya gedung baru perpustakaan dan kearsipan yang megah dan modern.

Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol sebelah barat Alun-Alun Merdeka itu kini menjadi salah satu ikon kebanggan warga Ngawi. ”Gedung baru dengan koleksi buku yang up to date serta fasilitas pendukung yang lengkap nyatanya bisa menarik masyarakat Ngawi untuk berkunjung,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ngawi Kartikawari Pinilih Rabu (27/1).

Tak hanya membangun gedung yang megah dan representatif, sesuai arahan Kanang, pihaknya juga memberikan sentuhan digitalisasi perpustakaan. Terutama untuk memudahkan kalangan milenial memenuhi kebutuhan literasinya. Pada 2016 silam perpustakaan Ngawi meluncurkan aplikasi iNgawi. ”Itu (iNgawi, Red) sebagai pilihan sekaligus memperluas akses memenuhi hak literasi setiap orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, iNgawi merupakan aplikasi android perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Sedangkan tahun ini pihaknya bakal memperluas layanan point wifi untuk meningkatkan akses literasi masyarakat. ”Sebagai bagian dari layanan perpustakaan, wifi akan ditingkatkan sampai radiusnya menjangkau kawasan alun-alun,” tuturnya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah pelayanan di bidang kearsipan. Bidang tersebut melingkupi pengelolaan arsip, pembinaan kearsipan, dan pengawasan kearsipan. Itu semua didukung prasarana dan sarana memadai. Mulai ruang penyimpanan atau depo arsip (masih dalam perencanaan), scanner A-3, hingga aplikasi jaringan informasi kearsipan (JIK). ”Kami juga melakukan restorasi arsip seperti leter C Desa Ngawi pada Agustus 2019 lalu,” ungkapnya. (rio/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button