News

Pernyataan Yang Paling Tepat Untuk Retikulum Endoplasma Adalah

×

Pernyataan Yang Paling Tepat Untuk Retikulum Endoplasma Adalah

Share this article

Pernyataan Yang Paling Tepat Untuk Retikulum Endoplasma Adalah – Fungsi organel yang diberi tanda huruf X pada gambar di bawah ini meliputi angka 2, 3 dan 4 (C). Organel X adalah badan Golgi atau kompleks Golgi. Organel merupakan peroksida yang berfungsi menetralkan racun. Organel yang mensintesis lemak adalah retikulum endoplasma halus.

Sel merupakan unit terkecil makhluk hidup. Organisme yang berbeda memiliki struktur sel yang hampir sama. Secara umum sel tersusun atas nukleus, membran sel, dan protoplasma yang mengandung cairan sel (sitoplasma) dan organel sel. Organel merupakan bagian sel yang mempunyai fungsi tertentu.

Pernyataan Yang Paling Tepat Untuk Retikulum Endoplasma Adalah

Membran sel terdiri dari lemak (lipid), fosfor, karbohidrat dan protein. Membran sel berguna untuk melindungi dan mengendalikan pergerakan zat masuk dan keluar sel. Membran sel bersifat semipermeabel, memungkinkan air, oksigen, dan zat yang larut dalam lemak serta ion tertentu dapat melewatinya. Zat yang tidak dapat melewati membran sel adalah gula (glukosa) dan protein.

Soal Dan Pembahasan Tentang Sel Jaringan Tumbuhan Dan Jaringan Hewan

Sitosol adalah cairan sel. Sitosol mengandung berbagai zat antara lain protein, lemak, karbohidrat, zat anorganik, enzim, vitamin dan hormon. Sitosol berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi metabolisme sel karena organel sel terdapat di dalam sitosol.

Inti sel terdiri dari membran, cairan inti (nukleus), kromosom, dan inti anak (nukleus). Cairan utama termasuk air, protein dan mineral. Kromosom adalah pembawa sifat turun-temurun yang terdiri dari untaian kromatin. Nukleus berfungsi mengendalikan seluruh aktivitas sel.

Mitokondria adalah organel terikat membran yang berfungsi sebagai tempat produksi energi. Semakin aktif sel maka semakin banyak pula mitokondrianya, misalnya pada sel sperma dan sel otot.

Baca Juga  Nope Artinya

Ribosom adalah salah satu organel terkecil dan paling kompak dalam sel. Ribosom berbentuk butiran. Ribosom ada yang menempel pada membran retikulum endoplasma dan ada pula yang bebas di sitosol. Ribosom bertindak sebagai tempat pembuatan (sintesis) protein.

Soal Dan Kunci Jawaban Tryout By Hu Kabar Sumatera

Retikulum endoplasma merupakan saluran berkelok-kelok yang membentang dari inti sel hingga sitoplasma. Ada dua jenis retikulum endoplasma yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Retikulum endoplasma kasar mempunyai ribosom pada membrannya, sedangkan retikulum endoplasma halus tidak mempunyai ribosom yang menempel. Retikulum endoplasma berfungsi membuat dan mendistribusikan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel sel.

Badan Golgi berbentuk seperti kumpulan kantong yang bertumpuk. Aparat Golgi berperan dalam memodifikasi bahan yang dihasilkan retikulum endoplasma dan mengantarkannya ke organ yang membutuhkannya. Selain itu, badan Golgi membentuk dinding sel dan lisosom (pada sel hewan).

Lisosom adalah organel berbentuk kantung yang mengandung enzim pencernaan. Lisosom berguna untuk mencerna limbah, makanan atau zat asing. Jika lisosom pecah, enzim di dalamnya akan mencerna atau menghancurkan organel sel, sehingga menyebabkan kematian sel. Lisosom hanya terdapat pada sel hewan dan tidak terdapat pada sel tumbuhan.

Vakuola adalah ruang sel yang ditemukan pada tumbuhan tua. Ada ruang hampa besar dan ada toko makanan di dalamnya. Pada hewan, terdapat ruang hampa kecil. Pada protozoa terdapat dua jenis vakuola yaitu vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Vakuola pencernaan berfungsi mencerna makanan dan vakuola kontraktil berfungsi membuang bahan sisa dan mengatur keseimbangan air dalam sel.

Ph Sel Biologi

Plastik hanya terdapat pada sel tumbuhan. Plastik mengandung pigmen atau pewarna tertentu. Kloroplas merupakan plastida berwarna hijau karena mengandung klorofil dan berperan dalam proses fotosintesis. Kromosom berwarna kuning karena mengandung pigmen xantofil. Leucopas berwarna putih dan berguna sebagai tempat penyimpanan makanan.

Baca Juga  1m Nol Nya Berapa

Membran sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel. Selain melindungi sel, dinding sel juga menjaga dan menstabilkan bentuk sel tumbuhan.

Pertanyaan Biologis Baru Konsumen lebih menyukai buah pepaya yang berwarna oranye dan rasanya manis. Pada tanaman pepaya warna jingga mendominasi warna kuning dan rasa ringan didominasi rasa manis. Apabila seorang petani menyilangkan tanaman pepaya dengan cara sebagai berikut : P1 : Pepaya jeruk rasanya ringan x Pepaya kuning rasanya manis     : (Jjmm)                 x             (jjMm) kemungkinan besar akan dihasilkan ekstrak tanaman pepaya yang mempunyai sifat bermanfaat. . 1. Menjelaskan istilah kromosom 3. Cabang ilmu yang bukan khusus profesi adalah… A. Dokter forensik menggunakan cabang ilmu biologi untuk menentukan dan memeriksa sidik jari kriminal B. Dokter menggunakan cabang biologi untuk memeriksa dan merawat pasien Ilmu-ilmu tersebut menggunakan cabang ilmu biologi dan farmasi C. Ahli gizi menggunakan cabang ilmu biologi dan kimia untuk meneliti kandungan gizi atau zat makanan D. Mekanika menggunakan ilmu biologi untuk mengatur aki mobil 4. Alat-alat yang ada di laboratorium banyak sekali. dan bahan yang dapat digunakan untuk eksperimen. Pernyataan berikut yang TIDAK benar A. Sarung tangan lateks untuk melindungi tangan dari bahan kimia berbahaya B. Gelas ukur untuk mengukur volume larutan C. Pipet untuk mengaduk cairan D. Wadah kaca untuk menyimpan bahan Lihat Klasifikasi Kulit Kerang, Kepiting, Udang dan Fila Udang dan Organel Selnya berdasarkan ciri-ciri unik sel tumbuhan

Alat untuk mengukur diameter sebuah kelereng yang paling tepat adalah, pernyataan yang tepat tentang pembuatan logam alkali secara elektrolisis adalah, pernyataan yang tepat tentang zakat mal adalah, berikut ini pernyataan yang kurang tepat mengenai peralatan kearsipan adalah, berikut pernyataan yang tepat tentang zakat mal adalah, langkah yang paling tepat untuk mengatasi asam urat adalah, pernyataan yang tepat tentang gas nitrogen adalah, pernyataan yang tidak tepat tentang hak asasi manusia adalah, pernyataan yang tepat tentang rangkaian listrik paralel adalah, pernyataan yang tepat tentang jaringan epitelium hewan adalah, berikut adalah pernyataan yang paling tepat tentang jangka waktu polis asuransi jiwa, berikut merupakan pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan penyakit asma