Madiun

Permak Alun-Alun Madiun Sisi Utara

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Wajah alun-alun sisi utara dipermak. Pekerjaan pemeliharaan itu sudah dimulai sejak awal Juli lalu dan ditarget tuntas akhir bulan ini. Meliputi planter taman dan lantai trotoar. ‘’Termasuk lantai dalam yang semula paving diganti keramik,’’ kata Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas RTH, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun Jemakir, Senin (23/8).

Saat ini progres pekerjaan telah menyentuh 90 persen. Surplus sepuluh persen dari target. Tinggal menyisakan pemasangan lantai keramik trotoar sepanjang 150-an meter. ‘’Progresnya saat ini terbilang lebih cepat ketimbang jadwal,’’ ujarnya.

Rehabilitasi itu dianggarkan Rp 200 juta dari pos APBD 2021. Tujuannya, optimalisasi alun-alun sebagai sentral perkotaan agar lebih sedap dipandang. Harapannya dapat menarik pengunjung pascapandemi Covid-19. Selain memfasilitasi pejalan kaki, juga menjadi sarana rekreasi. ‘’Alun-alun kembali dibuka jika pandemi usai. PKL juga butuh tempat biar nyaman,’’ terangnya.

Rencananya, alun-alun terhubung dengan jalur pedestrian Jalan Pahlawan melewati Perempatan Tugu. Ke depan fasilitas publik di kota ini bakal terkoneksi jalur pedestrian. ‘’Tapi bertahap,’’ tuturnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button