Mejayan

Peringati HKJS, Puluhan ODGJ di Madiun Diajak Jalan-Jalan

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Keceriaan menghiasi wajah puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Laras (RSBL) Kediri Asrama Caruban kemarin (10/10). Bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS), mereka diajak melakukan berbagai kegiatan layaknya orang normal.

Keceriaan puluhan ODGJ itu berbanding terbalik dengan sejumlah orang senasib mereka lainnya yang tak dapat berjalan lantaran dipasung. ‘’Sekabupaten saat ini ada enam ODGJ dipasung,’’ kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun Agung Budiarto, Senin (11/10).

Agung mengungkapkan, pemasungan enam ODGJ itu terpaksa dilakukan lantaran mereka kadang berperilaku agresif. Saat ngamuk, kaca maupun genting rumah tak luput dirusak. Bahkan, ada yang sampai mengancam keselamatan orang lain. ‘’Kami berikan penanganan seoptimal mungkin kepada mereka (ODGJ terpasung, Red), misalnya rehabilitasi medis,’’ tuturnya.

Diakuinya, ODGJ perlu penanganan khusus. Sayangnya, pihaknya memiliki keterbatasan. Di antaranya, belum adanya selter pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) di Kabupaten Madiun.

‘’Kalau ada selter, Kabupaten Madiun bebas dari pasung. ODGJ yang seperti itu bisa ditampung di selter dulu sebelum masuk tempat rehabilitasi,’’ ujarnya sembari menyebut bahwa ODGJ terlama dipasung sekitar tiga bulan lalu.

Ya, puluhan ODGJ di UPT RSBL Kediri Asrama Caruban kemarin diajak senam, bermain, hingga berkeliling Desa Kaliabu, Mejayan. Mereka juga membentangkan kertas bertuliskan berbagai kalimat bernada optimisme serta ajakan untuk peduli terhadap ODGJ. (den/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button