MadiunPolitik

Perindo-PSI Pastikan Tempatkan Kadernya di DPRD

MADIUN – Kiprah Perindo dan PSI dalam konstelasi pemilihan legislatif (pileg) 2019 di Kota Madiun terbilang mengejutkan. Keduanya berhasil memperoleh kursi di tengah persaingan politik partai-partai besar yang sebelumnya bercokol di parlemen.

Berdasar data internal partai, Perindo menyakini bisa meraih empat kursi di DPRD Kota Madiun. Karena hasil penghitungan yang dihimpun oleh para saksi, perolehan suara keseluruhan Perindo berdasar form C1 lebih banyak dibandingkan PKB. ‘’Yang berkutat saat ini ada di daerah pemilihan (dapil) Taman B (Kota Madiun 3) dan Manguharjo (Kota Madiun 4),’’ kata Armaya, Ketua DPD Partai Perindo Kota Madiun kepada awak media kemarin (22/4).

Dengan demikian, Yuliana yang diprediksi oleh banyak pihak tercelat dari parlemen karena kalah bersaing dengan lawan politiknya di dapil Taman B dinilai masih mempunyai peluang lolos. Sebab, perolehan suara dengan caleg lainnya tipis. ’’Berdasar data C1 yang terkumpul dari saksi-saksi, Yuliana masuk,’’ ujar pria yang akrab disapa Yayak itu.

Seperti diketahui, adapun caleg dari Perindo yang berpeluang mendapat kursi di Gedung Taman Praja –sebutan Gedung DPRD Kota Madiun– adalah Armaya, Hari Santoso dan Sudjarno. Sementara, Yuliana masih mengambang. Karena dari hasil perolehan suara bersaing ketat dengan Suyarto (PKB), Gaguk Gendroyono (PDIP) dan Subyantara (PAN). ’’Kami tetap optimistis bisa mendapat empat kursi,’’ terang Yayak.

Mantan wakil wali kota Madiun itu menambahkan capaian partainya pada pemilu 2019 memang melebih ekspektasi. Karena mampu menempatkan calon kadernya di parlemen. Padahal, Perindo merupakan partai baru. ’’Kami telah menunjukkan bahwa Perindo bisa menjadi rising star. Minimal dibawah PDIP dan Demokrat,’’ tuturnya.

Selain Perindo, ada juga PSI yag sudah bisa dipastikan mampu meperoleh kursi di DPRD Kota Madiun. Yaitu berasal dari F Bagus Panuntun (Kota Madiun 2) dan Y Wisnu Wardhana (Kota Madiun 1/Kartoharjo). Menariknya lagi mereka berdua merupakan kakak beradik. ‘’Bagi kami capaian itu patut disyukuri dan diteruskan pada pemilu selanjutnya,’’ kata Ketua DPD PSI Kota Madiun Dian Tri Susilo.

Senada dengan Yayak, Dian mengaku raihan kursi PSI itu di luar ekspektasi. Meskipun semua pihaknya menargetkan mampu memperoleh masing-masing satu kursi di setiap dapil. ’’Target minimal kami tiga kursi. Meleset di dapil Taman B,’’ ungkapnya.

Kendati demikian, Dian tak mempersoalkan hal tersebut secara berlarut-larut. Yang jelas, pihaknya mengaku senang dengan perolehan suara yang didapat. ’’Selanjutnya, caleg yang jadi itu nanti akan dibekali aplikasi oleh DPP agar masyarakat bisa memantau dan memberikan masukan,’’ terang politikus yang juga menjabat sebagai ketua bidang ekonomi kreatif, informasi teknologi, pariwisata dan kesehatan HIPMI BPC Kota Madiun tersebut. (her/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button