AdvertorialNgawi

Performa Kanang-Ony dalam 9 Tahun Terakhir Dinilai Cukup Memuaskan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Performa pemerintahan Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono dan Wakil Bupati Ony Anwar dalam sembilan tahun terakhir oleh wakil rakyat setempat dinilai cukup memuaskan. Meski begitu, dari sisi fokus penanganan program prioritas, dewan menilai masih perlu ditingkatkan. ‘’Secara umum kinerja pemerintahannya sudah cukup baik,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto ’’Antok’’ Jatmiko Minggu (16/2).

Sebagai lembaga legislatif, Antok mengingatkan bupati agar pada masa pemerintahan terakhirnya tahun ini melakukan penyelarasan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Terutama capaian bidang-bidang tertentu demi mewujudkan masyarakat Ngawi sejahtera seperti dalam visi dan misinya. ‘’Meskipun kalau dilihat dari sisi performance selama sembilan tahun ini sudah cukup bagus,’’ ujarnya.

Antok mengakui, dari sisi capaian tata kelola pemerintahan maupun keuangan di era Bupati Kanang sudah baik. Termasuk upaya menciptakan akuntabilitas pemerintahan serta  mewujudkan efisiensi dan efektivitas anggaran. ‘’Dari sisi tata kelola pemerintahan, diketahui penilaian SAKIP yang dulu masih C sekarang jadi A. Itu merupakan kinerja yang sangat baik,’’ tuturnya.

Begitu juga soal tata kelola anggaran. Keberhasilan mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) selama enam kali berturut menjadi bukti. Hanya, lanjut Antok, prestasi yang baik itu masih perlu didorong terkait output dari pemerintahannya.

‘’Terutama dalam menyelesaikan permasalahan yang menyangkut kesejahteraan masyarakat. Mulai penurunan angka kemiskinan, pengurangan angka pengangguran, hingga peningkatan IPM (indeks pembangunan manusia, Red),’’ urainya.

Menurut Antok, sisa waktu di tahun ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemkab untuk menangani permasalahan itu. Efektivitas kinerjanya harus ditingkatkan supaya output terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dengan baik. ‘’Meskipun dari sisi upaya yang dilakukan sekarang saya kira sudah cukup baik, tapi sisi fokusnya perlu ditingkatkan lagi,’’ pintanya.

Antok menilai, ke depan perlu ada sebuah sinkronisasi program kegiatan. Dia menyebut, sepanjang 2010 hingga 2020 pemerintah daerah sudah melakukan konsolidasi terhadap berbagai program kegiatan. Pun, itu merupakan dasar dari upaya pemerintah daerah menuju masyarakat Ngawi lebih sejahtera. ‘’Saya kira apa yang dilakukan pemerintah daerah selama ini sudah on the track, termasuk bidang ekonomi,’’ ungkapnya.

Menurut dia, simpul atau titik wilayah perekonomian semakin banyak yang dikembangkan. Tentu itu menjadi langkah yang tepat karena akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. ‘’Pada periode berikutnya perlu kesesuaian visi agar fondasi yang selama ini dibangun tidak sia-sia. Bisa nyambung langsung pada titik manfaat dari apa yang sudah diletakkan sekarang,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close