News

Peraturan Yang Dibuat Oleh Pemerintah Harus Kita

×

Peraturan Yang Dibuat Oleh Pemerintah Harus Kita

Share this article

Peraturan Yang Dibuat Oleh Pemerintah Harus Kita – Maaf, halaman yang Anda cari tidak ditemukan. Coba cari yang paling cocok atau jelajahi tautan di bawah ini:

UDANAVU POLSEK – Malam ini, anggota Polsek Udanavu melakukan patroli aktif lampu biru mengantisipasi balapan liar, Tarung Sarong dan SOTR…

Peraturan Yang Dibuat Oleh Pemerintah Harus Kita

UDANAWU POLSEK – Agar tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman. Desa Babinkamtibmas Besuki, Kecamatan Udananvu, Kabupaten Blithar Brimob…

Diskursus Politik Hukum Pemindahan Ibu Kota Negara: Tinjauan Pembentukan Undang Undang Dalam Studi Kebijakan Publik

Polsek Sananvetan Polres Blitar Kota melaksanakan kegiatan pengamanan grand opening CSR Park Blitar Keren pada Sabtu, 01 April 2023 di…

*Bondowoso* – Polisi di Bondowoso, Satsamapta Polda Jawa Timur, menangkap 7 remaja yang diduga berkelahi saat puasa Ramadhan. Anak muda…

TULUNGAGUNG – Puluhan warga yang tinggal di Desa Plandaan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung terlihat bergembira. Karena ada grup PYU…

Demi terciptanya kondisi yang aman dan kondusif, Tim Patroli Polres Nglegok melakukan patroli di berbagai tempat vital Perbankan dan…

Batas Waktu Pelaporan, Penyetoran Dan Pembayaran Pajak

*Jember* – Pintar seperti tupai melompat, akhirnya jatuh. Ini mungkin yang terjadi pada M.S. (41), warga Ambulu Jember….

Rapat Paripurna Terbuka Daftar Pemutakhiran Pemilu (DZHP) Tingkat PPK Nglegok pada Pemilu 2024 Tahapan menjelang Pemilu 2024 terus berlanjut….

Polres Srenghat – Untuk menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif selama bulan suci Ramadhan serta mencegah terjadinya luka bakar pada warga…

Polsek Serengat – Polres Serengat Pores Blitar Kota menangkap belasan remaja yang diduga melakukan tawuran sarung… Pada 16 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo meminta izin DPR RI untuk memindahkan Ibu Kota Negara (KKN) ke Kalimantan. Pulau. Namun, dari 2020 hingga pertengahan 2021, pidato transfer tampaknya telah berhenti

Camat Messawa Di Mamasa Terapkan Protokol Kesehatan Covid 19 Di Pasar, Nurmawati: Aturan Kita Indahkan Perekonomian Rakyat Berjalan

Kebijakan penanganan pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari pidato kenegaraan Presiden Jokowi 2020 dan 2021 yang kerap menjabarkan rencana kebijakan strategis nasional, tak terkecuali rencana relokasi ICN. Baru setelah meredanya pandemi Covid-19, pada kuartal terakhir tahun 2021, wacana relokasi ICN kembali mengemuka, dibarengi dengan sederet kebijakan yang menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Menurut pemerintah, ada beberapa tujuan untuk memajukan ICN, antara lain: (1) menciptakan pemerataan pembangunan dan keadilan ekonomi; (2) mengurangi beban permasalahan di Pulau Jawa khususnya di kota Jakarta

; (3) terwujudnya TIK yang aman, modern, berkelanjutan, dan fleksibel; dan (4) terciptanya peradaban baru sebagai representasi kemajuan bangsa dengan konsep tersebut

Mengelola pembangunan daerah di Indonesia pada masa yang akan datang. Namun, penting untuk mengkritisi rencana pemukiman kembali ICN untuk meningkatkan kualitas kebijakan yang menerima hak masyarakat terdampak dan kepentingan publik. Dalam artikel ini, kebijakan transfer ICN akan diuraikan secara terbatas pada aspek kebijakan dan legitimasi hukum.

Baca Juga  Tujuan Teks Observasi

Fakta Unik Tentang Singapura

Ambisi dan keseriusan pemerintah terkait pengalihan IKN terlihat dari pemberlakuan UU No. 3 Tahun 2022 tentang Ibukota Negara (UU IKN) hingga kebijakan terbaru yang diresmikan oleh Kepala dan Wakil Kepala Tata Usaha IKN pada 10 Maret 2022. serta mengatur berbagai aspek strategis mulai dari geografi cakupan wilayah, bentuk dan struktur pemerintah, tata ruang dan tata guna lahan, transfer kementerian/lembaga, monitoring dan review, bahkan sumber daya keuangan. Berdasarkan laporan Pansus Rancangan UU RIC, pembentukan UU RIC dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum yang jelas dan berkelanjutan (

) tentang status dan proses transfer ICN. Dari perspektif ini, pembentukan UU RIC digunakan sebagai jaminan hukum bahwa proses transfer RIC tidak serta merta dibatalkan. Dengan demikian, ada kesinambungan kebijakan yang berkesinambungan, sekalipun terjadi pergantian pemegang kekuasaan, baik di eksekutif maupun di legislatif.

Lantas, apakah pembentukan UU ICN dianggap ideal untuk memenuhi keinginan kepentingan publik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya perlu dipahami dasar-dasar pembentukan undang-undang sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2011 yang mensyaratkan pemenuhan asas pembentukan peraturan perundang-undangan. Beberapa prinsip terkait yang dibahas dalam dokumen ini antara lain: prinsip kejelasan tujuan; asas kegunaan dan efektifitas; prinsip dapat dilaksanakan; dan prinsip keterbukaan.

) menetapkan bahwa pembentukan UU RI harus memiliki tujuan yang jelas yang ingin dicapai. Berdasarkan pasal 2 UU ICN, pembangunan ibu kota Nusantara bertujuan untuk: (1) menjadi kota yang berkelanjutan di dunia; (2) sebagai penggerak perekonomian Indonesia ke depan; dan (3) menjadi simbol identitas nasional yang mewakili kebhinekaan bangsa Indonesia.

Soal Ppkn Worksheet

Masalahnya, tujuan pengalihan ICN yang terdapat dalam ICN UE tampaknya memiliki formulasi kebijakan yang salah dan paradigma yang tidak konsisten dengan tujuan pembuat undang-undang, yaitu jika tujuan pembentukan ICN UE dalam kerangka ” transfer modal negara” atau “memastikan legitimasi status modal negara” atau mendefinisikan keduanya. Hal ini tentunya menjadi kontribusi dan penilaian bagi para pembuat undang-undang karena pada dasarnya terlihat tidak sinkron dan hanya terpaku pada upaya menggerakkan ICN saja. Padahal idealnya UU ICN harus mengatur banyak aspek yang lebih spesifik dan komprehensif, bukan hanya mengatur pengalihannya.

Prinsipnya dapat dilaksanakan, yaitu pembentukan Undang-Undang TIK harus memperhatikan efektifitas penerapan peraturan di masyarakat, baik secara filosofis, sosiologis maupun hukum. Seperti telah diuraikan sebelumnya, aspek filosofis ini menetapkan orientasi kebijakan pemerataan pembangunan dan keadilan ekonomi bagi masyarakat di luar Jawa, termasuk terciptanya

Pembangunan daerah kelas dunia. Bahkan, pernyataan tersebut tampak paradoks jika dikaitkan dengan konsep pemerintahan daerah, karena paradigma pembangunan nasional saat ini berpihak pada pembangunan dari pedesaan, kawasan perbatasan, dan pinggiran. Dengan demikian, tampak jelas bahwa filosofi penggerak KPN adalah siasat untuk menunjukkan kegagalan praktik-praktik otonomi daerah yang selama ini berlaku.

Baca Juga  Proses Kerja Jantung Yang Terjadi Pada Gambar Tersebut Adalah

Nama ibu kota yang menimbulkan kontroversi pro dan kontra di masyarakat memang patut mendapat pembenaran. Hingga saat ini, istilah “Nusantara” telah merujuk ke seluruh wilayah Indonesia (KBBI, 2016). Kalaupun ada pernyataan bahwa “Nusantara” adalah bentuk representasi Indonesia, di sini penulis berpendapat bahwa pernyataan tersebut secara filosofis mendua dan menghilangkan makna nusantara yang selama ini dipahami sebagai integrasi bangsa. wilayah. Dibandingkan dengan Jakarta sebagai nama ibu kota, sejauh ini tidak mengandung kontradiksi representasional-filosofis, baik terkait aspek kedaerahan (

Cash Dan Stock Opname Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Lkpd

Selanjutnya, secara sosiologis, pengalihan ICN yang tertuang dalam UU ICN tidak menunjukkan urgensi yang berarti (

) atas permintaan masyarakat khususnya bidang calon IKN. UU ICN yang melegitimasi pengalihan ICN sebelum penulisan dan perumusannya, harus menyerap aspirasi seluruh rakyat agar kebijakan yang akan dibuat mencerminkan kepentingan dan kebutuhan rakyat, bukan kepentingan pemerintah bahkan dan elit. umum. Komunitas lokal ICN dan masyarakat adat adalah entitas yang paling terkena dampak langsung dari berbagai kegiatan pembangunan. Nasib orang dan lingkungan yang terkena dampak harus sama

Yang harus didahulukan. Pengalihan IKN merupakan kebijakan jangka panjang yang implikasinya menyasar berbagai sektor kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diantara kekurangan hukum UU ICN adalah kekurangan formil dan materiil dalam pembentukannya. Salah satu wujud nyata dari kekurangan material ini adalah pertimbangan filosofis yang tidak berimbang atas pengalihan NCI yang tertuang dalam pasal dan alinea serta tidak terakomodasinya hak-hak masyarakat lokal, khususnya masyarakat adat. Cacat formil terkait dengan proses pembentukan UU TIK yang tidak serta merta mendapat legitimasi dari masyarakat karena pembentukannya sangat cepat. Masyarakat tidak banyak berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan.

Urgensi Lockdown Di Tengah Pandemik Covid 19

Asas kegunaan dan keefektifan mengatur bahwa UU RI harus benar-benar diperlukan dan berguna bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Prinsip ini berkaitan dengan prinsip kejelasan tujuan dan aspek sosiologis pada penjelasan sebelumnya. Kedua asas tersebut mempunyai kehendak yang sama bahwa dalam membentuk suatu undang-undang harus dilihat kejelasan cita-cita, urgensi dan manfaatnya untuk apa dan mengapa peraturan itu dibuat. Untuk memahami makna asas ini, tentunya perlu dipahami berbagai persoalan yang muncul di kalangan masyarakat dari berbagai sektor terkait dampak pengalihan IKN, mulai dari kemampuan keuangan negara dan kondisi ekonomi, situasi , kesiapan pemerintah dan implikasinya terhadap lingkungan, sosial budaya, pendidikan dan tata kota daerah.

Jika mencermati realitas kondisi dan kebutuhan masyarakat saat ini, masyarakat pada umumnya membutuhkan kebijakan nasional pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang membuat beberapa struktur sosial menjadi berantakan. Orang akan lebih bahagia jika

Baca Juga  Tuliskan 1 Kalimat Fakta Pada Teks Di Atas

Program prioritas pemerintah fokus pada kesehatan dan pemulihan ekonomi. Hal ini dinilai lebih penting daripada pergerakan IKN melalui legitimasi pembentukan UU IKN.

) atau pembentukan UU TIK mulai dari perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan atau pengesahan dan pengesahan secara transparan kepada publik, sehingga seluruh lapisan masyarakat memiliki kesempatan yang luas untuk memberikan informasi dan partisipasi langsung (

Subag Perencanaan Monitoring Dan Evaluasi

). Secara umum asas ini merupakan kunci legitimasi dalam menentukan kualitas substansi hukum. Hukum ICN terbentuk dalam waktu yang sangat singkat yaitu 42 hari (

, 2022). Logikanya, pembentukan UU ICN dengan segala perdebatan tentang isinya memakan waktu lama, bahkan UU ICN dibahas saat liburan.

Substansi pengaturan strategis yang akan dituangkan dalam UU ICN sebenarnya didelegasikan ke dalam serangkaian peraturan, antara lain enam peraturan pemerintah, tujuh peraturan presiden, dan satu peraturan kepala otoritas. Delegasi peraturan benar-benar menangani aspek strategis utama, termasuk: kekuasaan Manajemen ICN; pendanaan pemerintah IKN; rencana kerja dan tata cara pelaporan anggaran; pemindahtanganan dan pengelolaan kekayaan Negara; serta pembagian wilayah IKN. Hal ini menunjukkan adanya ketergesaan pembentukan UU ICN karena substansi yang diatur sangat terbatas dan banyak yang didelegasikan ke regulasi turunan.

Dilihat dari segi normatif-hukum, UU TIK memiliki banyak kekurangan substansi yang mendasar karena ruang lingkup pengaturan yang minim. Banyak substansi pengaturan yang tercantum dalam Undang-Undang ICN dijelaskan secara abstrak atau tidak memberikan perincian tentang pengaturan masalah tertentu. Contoh pengaturan abstrak yang paling jelas adalah Pasal 21 dan Pasal 37 UU ICN.

Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok

Pasal 21 pada dasarnya mengatur hak-hak masyarakat dalam hal tata guna tanah, peralihan hak atas tanah dan lingkungan. Pada dasarnya keberadaan Pasal 21 di atas sangat penting untuk melindungi hak-hak individu dan masyarakat hukum adat. Seperti diketahui, selama ini Indonesia belum memiliki undang-undang khusus yang menjamin perlindungan hak-hak masyarakat adat. Karena dalam hal kepastian hukum hak-hak masyarakat adat belum ditetapkan, maka sudah selayaknya pembentukan UU NIC secara khusus mengakomodir hak-hak masyarakat adat secara komprehensif.

Pasal 37 mengatur tentang partisipasi

Masjid yang dibuat oleh jin, game yang dibuat oleh garena, makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol, makanan yang harus dihindari oleh penderita jantung, peraturan daerah provinsi dibuat oleh, siapa yang membuat peraturan pemerintah, makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi, peraturan daerah dibuat oleh, agar doa kita dikabulkan oleh allah sebelumnya harus membaca, makanan yang harus dihindari oleh penderita kista, makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, akta yang dibuat oleh notaris