Pacitan

Peralatan Tak Safety, Sarang Tawon Dievakuasi

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Keberadaan sarang tawon ndas di salah satu rumah bikin warga Desa Arjowinangun, Pacitan, dibuat resah dalam beberapa hari terakhir. Hewan bernama latin Vespa affinis di dalam sarang berdiameter 50 sentimeter itu telah menyengat seorang bocah. Petugas pemadam kebakaran (damkar) satpol PP setempat diterjunkan mengevakuasi sarang itu, Minggu malam (8/12). ‘’Butuh waktu dua jam,’’ kata Pendik Purwanto, salah seorang petugas damkar Satpol PP Pacitan, Senin (9/12).

Lamanya proses evakuasi sarang tawon karena banyak hal. Mulai lokasi bersemayam di atap bagian luar rumah hingga tidak safety-nya peralatan evakuasi. Lima petugas mengenakan pakaian ala kadarnya. Yakni, baju damkar untuk menutupi tubuh dan helm motor untuk melindungi kepala dari sengatan tawon. ‘’Evakuasi lebih cepat dan aman jika mengenakan pakaian khusus dan peralatan rescue,’’ ujarnya.

Pendik mengungkapkan, upaya mengevakuasi sarang tidak dengan menyemprotkan air atau bensin. Tujuannya membuat sayap tawon basah untuk menekan pergerakannya. Melainkan langsung membakar sarang. Alasannya, sarang punya banyak lubang sebagai jalan keluar masuk tawon. Apalagi, atap rumah berbahan baja ringan. Aman bila terkena api. ‘’Evakuasi malam hari dengan pertimbangan gerak tawon yang cenderung melambat,’’ terangnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close