Madiun

Penyakitnya Kambuh, ODGJ Bakar Kandang

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Supriyono, 54, ikhlas atas musibah kebakaran kandang tempat penyimpanan pakan ternak miliknya Rabu (22/4). Sebab, bangunan warga Desa Sumbergandu, Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, itu dibakar oleh adiknya sendiri yang menderita gangguan kejiwaan. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian yang diderita ditaksir jutaan rupiah. ‘’Tidak menyadari kalau penyakitnya kambuh,’’ kata Nur Kholis, 20, anak Supriyono.

Kholis mengungkapkan, seorang warga sempat mengetahui pamannya berjalan menuju kandang. Tidak lama kemudian muncul asap hitam membubung tinggi dari tempat menyimpan jerami dan kulit jagung itu. ‘’Sempat dikejar dan diperingatkan, tapi telanjur terbakar. Tidak ada yang berani melarang karena ayah sedang di sawah,’’ terangnya.

Api cepat membesar karena isi dan material kandang yang mudah terbakar. Warga sekitar berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sembari menunggu datangnya mobil pemadam kebakaran (damkar). Termasuk dengan pelaku pembakaran yang beberapa kali melemparkan air dari ember ke titik api. ‘’Mau bagaimana lagi, kondisinya seperti itu (gangguan jiwa, Red),’’ kata Kholis.

Kapolsek Pilangkenceng AKP Sumantri menyatakan, meski terdapat unsur kesengajaan, pelaku tidak bisa dipidana karena mengalami gangguan jiwa. Berdasar keterangan warga, pelaku hampir tidak pernah mengamuk. ‘’Meski pihak keluarga bersedia merawat, kami tetap menyarankan ke pemerintah desa agar direhabilitasi,’’ tuturnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close