News

Penunjang Penampilan Pada Olahan Pangan Yang Dihidangkan Disebut

×

Penunjang Penampilan Pada Olahan Pangan Yang Dihidangkan Disebut

Share this article

Penunjang Penampilan Pada Olahan Pangan Yang Dihidangkan Disebut – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Aspek Pengolahan Mata Pelajaran Kerajinan Tangan Tipe IX 39 5. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan gambar, alat dan teknik pengolahan yang tepat untuk menciptakan produk olahan tersebut adalah… Satu. Kue, kue b. Panci, rebus c. uap, uap d. pemanggang

Penunjang Penampilan Pada Olahan Pangan Yang Dihidangkan Disebut

40 Topik Kriya Aspek Pengolahan Kelas IX Kunci Jawaban 1. b (gambar 1 dan 3 merupakan produk setengah jadi produk hewani, sedangkan gambar 2 dan 4 merupakan produk jadi atau produk siap saji) 2. d (asap) 3. a (urutan langkah – langkah dalam pengolahan produk adalah : 1) merencanakan pengolahan produk, 2) menyiapkan bahan, 3) menyiapkan peralatan pengolahan produk, 4) pengolahan, 5) penyajian dan pengemasan produk olahan 4. c (jika diperhatikan pada produk terlihat produk tersebut adalah nasi goreng flakes) 5. b (Jika melihat produk yang kuahnya banyak, alat yang digunakan adalah wajan dan teknik memasaknya adalah dengan merebus.) Petunjuk skor. Skor Soal Bobot 1 2 2 2 3 2 4 2 5 2 Jumlah 10 Skor Akhir = Skor yang dicapai x 100% Skor Maksimal 2. Untuk mengevaluasi keterampilan, Ananda mempraktikkannya dalam kegiatan pembelajaran dengan mengisi lembar latihan khusus LK.4 sesuai dengan kegiatan (kegiatan 7) yang dilaksanakan pada pembelajaran kedua yaitu penciptaan produk olahan dari produk setengah jadi dari hewan ternak dan hasil laut yang tersedia di sekitar tempat tinggal Ananda dan produk olahannya sesuai dengan kebutuhan Ananda. Di bawah ini adalah rubrik dan panduan penilaian yang dapat dijadikan acuan dalam penilaian.

Prakarya_pengolahan Gasal Kelas Vii

Mata pelajaran Kriya Aspek Pengolahan Kelas IX 41 Rubrik tes praktik produksi produk pangan olahan setengah jadi asal peternakan dan budidaya perikanan. Skor Total Sekarang dan Paket…. Nilai Maksimal 15 Petunjuk Penilaian : Nilai Uraian 3 Melaksanakan kegiatan sesuai rancangan dan prinsip yang sesuai 2 Melaksanakan kegiatan sesuai rancangan dan prinsip yang tidak sesuai 1 Tidak melakukan kegiatan sesuai prinsip yang sesuai dengan rancangan dan prinsip yang tidak sesuai Nilai akhir = Nilai total x 100% Nilai Maksimal E Ringkasan 1. Pakan ternak dan budidaya perikanan setengah jadi masih memerlukan tahap pengolahan atau pengolahan lebih lanjut. 2. Teknik pengolahan yang sering digunakan dalam produksi produk setengah jadi dari hewan ternak dan hasil perairan antara lain penggilingan, penggorengan dan pemanggangan.

42 Pengolahan Kerajinan Tangan Aspek Pengolahan Kelas IX F. Refleksi 1. Terima kasih kepada Ananda yang telah meneliti dan mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran dari kegiatan 1 sampai dengan kegiatan 7, Ananda melaksanakan kegiatan penyiapan bahan baku, bahan dan alat untuk membuat produk olahan dari bahan semi-semi. produk jadi hasil peternakan dan budidaya perikanan, menciptakan produk dan menyajikannya sesuai desain kreatif, baru dan potensial masing-masing wilayah Ananda. 2. Sikap dan karakter yang Ananda tunjukkan dalam studinya berupa doa, rasa syukur, kemandirian, ketelitian/kehati-hatian, kreativitas dan inovasi merupakan tingkat pencapaian sikap dan karakter yang tidak lepas dari proses yang dilakukan Ananda dalam menjalani pendidikan. proses pembelajaran. 3. Kegiatan literasi yang dilakukan Ananda dalam seluruh kegiatan pembelajaran, mulai dari mengamati desain, menyiapkan bahan sesuai desain, menyiapkan alat sesuai desain dengan memperhatikan proses penggunaan, menghasilkan produk olahan dari produk setengah jadi dari hewan ternak. dan budidaya perikanan sesuai desain, proses dan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) serta membaca dokumen acuan dan pengukuran perbandingan selama produksi bahan pangan setengah jadi yang berasal dari hewan ternak dan hasil perairan. 4. Oleh karena itu, setelah selesai pembelajaran, apabila Ananda mencapai kinerja kompetensi minimal setara dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM), maka Ananda dapat mengikuti pembelajaran berikutnya.

Baca Juga  Tentukan Panjang Ab Dari Gambar Berikut

Mata pelajaran Prakarya Aspek Pengolahan Kelas IX 43 Pembelajaran 3 A. Tujuan Pembelajaran Setelah menyelesaikan pembelajaran, siswa mampu: 1. Menjelaskan fungsi pokok kemasan dengan penuh percaya diri 2. Secara cermat dan mandiri mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan untuk penyajian atau pengemasan 3. Menjelaskan bagaimana Menyajikan produk setengah jadi yang diolah dari peternakan dan budidaya perikanan dengan percaya diri. 4. Melaksanakan penyajian atau pengemasan produk olahan setengah jadi dari hasil ternak dan hasil perairan secara mandiri dengan rasa ingin tahu dan selalu bersyukur karena dapat melakukannya. B. Peran guru dan orang tua Peran guru dalam pembelajaran dengan bantuan bahan ajar ini adalah 1. Mengkomunikasikan pentingnya siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam bahan ajar ini. 2. Menciptakan kondisi yang mendukung agar alat bantu dan sumber pengajaran dapat diakses dan menjamin penerimaan dan penggunaan yang baik oleh siswa, khususnya bahan ajar ini. 3. Memfasilitasi siswa berupa bimbingan belajar langsung dan tidak langsung dengan menggunakan media offline maupun online. 4. Menjaga kesiapan belajar peserta didik terutama dalam menyiapkan dokumen, alat dan alat peraga seperti produk setengah jadi dari peternakan dan budidaya perikanan, serta bahan tambahan dan juga peralatan masak bekas (panci, wajan…). dalam pengolahan produk. 5. Menjawab segala kesulitan belajar ketika menggunakan bahan ajar ini atau pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan langsung dengan kinerja pembelajaran. 6. Melakukan kerjasama dengan orang tua melalui wali kelas mengenai kesiapan dan kesinambungan pembelajaran dengan bahan ajar ini

44 Aspek pengelolaan mata pelajaran manual Kelas IX 7. Jika guru dan seluruh siswa sudah siap menggunakan media online, guru dapat membuat/membuka kelas virtual pada Learning Management System (LMS) seperti menggunakan Google Classroom dan siswa dapat berpartisipasi, Kegiatan Pembelajaran apa pun dapat dimasukkan dalam Tugas Kelas (tugas) dan dapat dilampirkan pada bahan ajar ini. Peran orang tua dalam mendidik siswa dalam menggunakan bahan ajar tersebut adalah 1. Memastikan bahwa anak telah menerima bahan ajar tersebut dan siap menggunakan bahan ajar tersebut untuk pembelajaran. 2. Ciptakan kondisi bagi Anda untuk menyiapkan bahan-bahan, khususnya produk setengah jadi dari hewan ternak dan produk air, bahan tambahan, peralatan masak (panci, wajan …) yang digunakan untuk mengolah produk. Cobalah untuk mencari makanan setengah jadi yang berasal dari peternakan dan perikanan di daerah tempat tinggal Anda. 3. Menciptakan kondisi bagi anak untuk membuat alat dan sumber daya untuk mengolah produk setengah jadi dari peternakan dan budidaya perairan dengan bantuan alat sederhana yang tersedia di rumah seperti wajan, wajan… untuk menunjang materi pembelajaran pendidikan ini. 4. Pastikan Anda memahami semua petunjuk dalam materi instruksi ini. 5. Pastikan anak Anda terus belajar melalui pengawasan langsung maupun tidak langsung terutama dalam penggunaan alat dengan mengedepankan prosedur dan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) yang benar. 6. Berkoordinasi dengan guru/pengajar ke rumah jika timbul kendala dalam persiapan dan pelaksanaan pembelajaran dengan bahan ajar ini. 7. Jika guru dan seluruh siswa sudah siap menggunakan fasilitas online, orang tua dapat membantu anak menyiapkan fasilitas online dengan kelas virtual pada Learning Management System (LMS) seperti menggunakan Google Classroom dan siswa dapat berpartisipasi. instruksi pengoperasian

Baca Juga  Pernyataan Yang Tepat Tentang Ciri-ciri Komponen Penyusun Darah Adalah

Tugas Prakarya 8..

Aspek penanganan topik kelas IX 45 pada latihan kelas (latihan akademik) dapat diakses oleh siswa dengan terlampir pada bahan ajar ini. C. Kegiatan Belajar Kegiatan 1 1. Berdoa untuk mulai belajar, 2. Isikan absensi anda pada link yang telah disiapkan guru! 3. Simak motivasi mengajar yang disampaikan guru melalui link video berikut https://www.youtube.com/watch?v=srkG0zqJZSw tentang kapan pekerjaan menjadi beban dan Ananda dapat merangkum pesan dan makna dalam video tersebut! 4. Baca dan pahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai sebelum melanjutkan kegiatan pembelajaran!

46 Topik Kerajinan Aspek Pengolahan Kelas IX Kegiatan 2 Bacalah dan bacalah dengan cermat dokumen di bawah ini untuk contoh penyajian atau pengemasan produk olahan dari produk setengah jadi dari produk hewani dan makanan laut, dengan memperhatikan fungsi dan tujuan pengemasan! Penyajian dan Pengemasan A. Penyajian Pada saat menyajikan suatu masakan atau makanan olahan harus mempunyai tampilan yang menarik sehingga dapat menggugah selera orang yang melihatnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyajikan tampilan olahan pangan adalah sebagai berikut: 1. Perpaduan warna Dalam penataan penyajian, warna merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Perpaduan warna yang indah menjadi salah satu faktor yang menjadi daya tarik suatu sajian. Kombinasi warna yang buruk dapat merusak nafsu makan Anda secara keseluruhan. 2. Bentuk, tekstur dan kekentalan Bentuk suatu masakan dapat dibuat dengan cara memotong bahan makanan. Bahan makanan dapat dipotong dadu, dipotong memanjang, dicincang kasar atau halus, membentuk lonjong, bunga atau bintang. Bentuknya yang menarik perhatian saat melihatnya akan menambah nafsu makan. Demikian pula, penting untuk memperhatikan tekstur makanan olahan. Tekstur suatu makanan olahan dapat dirasakan ketika dimasukkan ke dalam mulut, baik teksturnya lembut, kenyal, kasar, kental, atau halus. Viskositas Artinya dalam suatu paket menu harus memperhatikan kombinasi tingkat kekentalan masakan yang berbeda-beda. Misalnya, jangan membuat barang menjadi kotor atau kering. 3. Rasa dan Suhu Saat menyajikan menu, kita juga harus memadukan rasa dasar seperti asin, manis, pedas,

Baca Juga  Sinopsis Hikayat Bayan Budiman

Kerajinan Tangan Aspek Pengolahan Tipe IX 47 rasa asin, pahit dan asam serta rasa sangat pedas. Suhu makanan siap saji yang disajikan juga harus diperhatikan. Ada makanan olahan yang enak disantap panas-panas, dan ada juga makanan yang cocok dimakan dingin. Misalnya soto atau sup sebaiknya disajikan panas, sedangkan makanan penutup seperti es krim atau puding sebaiknya disajikan dingin. 4. Peralatan penyajian makanan Peralatan penyajian makanan

Olahan pangan dari singkong, pendaftaran pangan olahan bpom, pangan olahan, registrasi pangan olahan bpom, ereg bpom pangan olahan, penyakit yang menyebabkan nyeri pada persendian disebut, peningkatan produksi pangan dengan membuka lahan baru disebut, registrasi pangan olahan, olahan bahan pangan, olahan bahan pangan setengah jadi, reboisasi hutan yang diselingi dengan tanaman pangan disebut dengan istilah, izin edar pangan olahan