Madiun

Penuhi Syarat Protokol Kesehatan, THM Diberi Sertifikat

Disbudparpora Matangkan SOP Protokol Kesehatan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Mekanisme aturan pembukaan kembali tempat hiburan malam (THM) dan bioskop masih dirumuskan. Sedikit bocoran, rencananya pelaku usaha terkait wajib memiliki sertifikat sebagai tanda telah siap menjalankan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun Agus Purwowidagdo mengungkapkan, saat ini pihaknya masih terus mengkaji standard operating procedure (SOP) protokol kesehatan yang akan diterapkan. Setelah itu barulah diusulkan ke wali kota selaku ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kota Madiun. ‘’Paling tidak, masker, jaga jarak, dan lain-lain,’’ kata Agus.

Penegak Disiplin Protokol Kesehatan Tangkal Korona Virus (Pendekar Waras) bakal ditempatkan di setiap THM dan bioskop. Bertugas mengawasi dan mendisiplinkan pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan. ‘’Ini kami di internal pemkot dulu, setelah itu kami akan action lokasi,’’ ungkapnya.

Setelah kajian klir, pihaknya bakal mengecek kesiapan masing-masing pelaku usaha dalam menjalankan SOP. Penerbitan sertifikat sebagai tanda telah memenuhi SOP protokol kesehatan. Sekaligus salah satu syarat izin pembukaan kembali. ‘’Pelaku usaha yang bisa memenuhi syarat akan diberi semacam sertifikat,’’ terangnya.

Agus memastikan perumusan kebijakan itu difinalisasi sebelum 13 Juli mendatang. Sebagaimana Surat Edaran (SE) 443.32/1551/401.023/2020, penutupan yang semula 4 Juni diperpanjang hingga 13 Juli mendatang. ‘’Pastinya keputusan apakah diperpanjang atau diizinkan buka kembali itu sebelum 13 Juli,’’ ujarnya.

Meskipun nantinya dibuka kembali, evaluasi tetap dilakukan secara berkala. Seluruh pelaku usaha wajib menerima konsekuensi penutupan jika melanggar protokol kesehatan. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close