Madiun

Penjambret Satroni Emak-Emak di Jalan Sepi

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Ini peringatan bagi emak-emak yang suka pakai tas selempang saat bepergian. Seorang perempuan menjadi korban penjambretan ketika sedang mengendarai motor di jalanan. Akibatnya, tas berisi uang tunai dan dua unit handphone (HP) raib. ‘’Kasus ini termasuk curas (pencurian dengan kekerasan, Red),’’ kata Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan, Selasa (29/6).

Apes, setelah beberapa hari buron, si jambret berinisial KPS, warga Desa Teguhan, Jiwan, akhirnya berhasil dibekuk polisi dan kini mendekam di sel tahanan Mapolres Madiun. ‘’Kejadian terjadi pada Sabtu 22 Mei, pelaku ditangkap 9 Juni,’’ terang Jury sembari menyebut rilis pers kasus itu telah digelar Minggu lalu (27/6).

Kejadian itu bermula ketika KPS mengendarai Honda Vario nopol AE 6829 CF di jalan umum Desa Bagi, Kecamatan/Kabupaten Madiun. Tidak lama berselang, TDS, warga setempat, menyalip. Mengetahui TDS mengenakan tas selempang, tebersit niat jahat di kepala pelaku.

KPS lantas menyalip korban dari sisi kanan di lokasi sepi. ‘’Kejadiannya malam hari. Pelaku menarik tas korban sampai putus. Beruntung korban tidak sampai jatuh,’’ ungkap Jury.

Berhasil njambret, KPS memacu motornya kencang-kencang sembari membawa tas selempang berisi uang tunai Rp 1,2 juta, sejumlah surat dan kartu identitas, serta dua unit HP. Sementara, korban hanya bisa meratapi kejadian itu dan melapor ke polisi.

Berbekal ciri-ciri pelaku yang dijelaskan TDS, 18 hari setelah kejadian polisi berhasil membekuk KPS saat makan di warung Bu Wo Jalan S. Parman, Oro-oro Ombo, Kota Madiun. ‘’Setelah diamankan, pelaku mengakui semua perbuatannya (menjambret),’’ ujar Jury.

Di hadapan penyidik, KPS mengaku menggunakan sebagian uang tunai dari tas TDS untuk membayar utang. Selebihnya dipakai untuk mabuk-mabukan. Sementara, dua HP milik korban direset dan kartu SIM-nya dibuang. ‘’BB (barang bukti, Red) berupa HP merek Oppo dan Samsung sudah kami amankan. Termasuk motor yang dipakai pelaku,’’ ungkap Jury. ‘’Ancaman hukumannya 12 tahun penjara,’’ imbuhnya. (den/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button