AdvertorialMadiun

Pengunjung dan Pedagang Pasar Kota Madiun Diwajibkan Pakai Masker

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemkot terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Madiun agar tidak semakin meluas. Salah satunya dengan mewajibkan pengunjung, pembeli dan petugas parkir di seluruh pasar tradisional menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak atau physical distancing.

Kebijakan yang menyangkut soal protokol kesehatan itu disampaikan wali kota Maidi, Senin pagi (11/5). Dia turun langsung ke lapangan dengan menyampaikan imbauan tersebut ke pedagang dan pembeli di Pasar Besar Madiun (PBM), Pasar Kojo, Pasar Sleko dan Pasar Kawak melalui pengeras suara. ‘’Masyarakat semua harus sadar dan ikut menjaga. Makanya semua pasar kita imbau dan ingatkan,’’ katanya.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO FOR RADAR MADIUN

Diungkapkan penggunaan masker saat ini sangat penting. Karena dinilai dapat mencegah penyebaran Covid-19. ‘’Karena pasar merupakan tempat kerumunan. Kalau mereka semua taat Insya Allah tidak ada yang positif lagi,’’ ujar Maidi.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO FOR RADAR MADIUN

Sementara apabila ada pedagang maupun pembeli yang tidak mengenakan masker, Maidi memastikan bakal menindaknya. Seperti menutup sementara lapak jualan pedagang tersebut dan melarang pembeli masuk ke dalam pasar. ‘’Kalau ada ketegasan dari pemkot hanya semata-mata agar kota ini sehat. Kalau ada yang ndablek (bandel), ya harus kita tegasi. Karena orang ini akan merugikan orang banyak. Mohon maaf kalau ada yang agak kecewa, kalau dia lupa ya kita ingatkan,’’ terang mantan Sekda Kota Madiun itu.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO FOR RADAR MADIUN

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono berharap seluruh pedagang dan pembeli mematuhi anjuran pemkot. Supaya jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Madiun tidak bertambah. ‘’Sudah sejak seminggu yang lalu kami dengan petugas pengamanan yang ada kalau ada yang tidak pakai masker, kami suruh pulang,’’ katanya.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO FOR RADAR MADIUN

Selain kewajiban menggunakan masker di pasar, pihaknya juga meminta seluruh pedagang maupun pembeli menerapkan physical dan social distancing. ‘’Kami juga sudah sediakan tempat untuk mencuci tangan bagi pedagang dan pembeli yang akan masuk ke pasar,’’ ujar Gaguk. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close