Ponorogo

Pengungsi Wamena Asal Ponorogo Tambah Satu Orang

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Jumlah pengungsi Wamena asal Ponorogo bertambah. Hingga Minggu (6/10) dinas sosial (dinsos) mencatat 15 orang. Mereka pulang mandiri dan ikut rombongan evakuasi. ‘’Tambah satu orang yang magrib tadi (kemarin, Red) tiba di Surabaya,’’ kata Kepala Dinsos Ponorogo Supriyadi.

Supriyadi belum memperoleh informasi komplet ihwal siapa pengungsi itu. Yang diketahuinya sebatas pulang mandiri, bukan ikut rombongan evakuasi. Pengungsi mandiri sekadar dibantu Dinsos Jawa Timur mengurus transportasi kepulangannya di Terminal Purbaya. Sedangkan pihaknya bakal menjemput di Terminal Seloaji. Sebelum akhirnya diantarkan ke rumah. ‘’Saya belum bisa memastikan masih ada tidaknya gelombang kepulangan dari Wamena,’’ ujarnya.

Belasan warga Ponorogo yang pulang kampung itu sebagian besar tinggal cukup lama di Wamena. Bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN), TNI, pengusaha, dan pekerja bangunan. Mereka bakal kembali ke perantauan ketika situasi sudah kondusif. Beberapa masih ada yang mengalami trauma. Kendati ketika datang kesehatannya sudah diperiksa dinas kesehatan (dinkes). ‘’Secara fisik sehat. Tapi dinkes akan terus memantau kondisinya,’’ papar Supriyadi.

Sebelumnya, lima warga Ponorogo yang terdiri empat dewasa dan satu anak-anak tiba di Bumi Reyog, Jumat lalu (4/10). Kemudian tujuh orang yang datang hanya membawa dokumen dan pakaian. Juga tiga orang yang sudah pulang ke Bungkal. (dil/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button