AdvertorialNgawi

Pengguna Narkoba Didominasi Pelajar, P4GN Ngawi Intens Sosialisasi

NGAWI – Tren meningkatnya kasus penyalahgunaan narkotika di Ngawi mengundang keprihatinan Wakil Bupati Ony Anwar Harsono. Apalagi, dari kasus yang berhasil diungkap petugas, pengguna didominasi kalangan pelajar. ‘’Mereka memakai karena ikut-ikutan,’’ ungkap Ony di sela kegiatan Hari Antinarkotika Internasional (HANI) di Agro Techno Park  Ngrambe, Rabu (26/6).

Tidak salah jika upaya memerangi peredaran maupun penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) terus dilakukan Pemkab Ngawi. Salah satunya dengan intens sosialisasi bahaya narkoba oleh Satuan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) setempat.

Ony mengatakan, ada tujuh kecamatan yang menjadi sasaran sosialisasi. Ketujuh wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Misalnya, Sine, Ngrambe, Jogorogo, dan Mantingan. ‘’Catatan kepolisian, jalur masuk narkoba kebanyakan lewat daerah perbatasan.  Makanya, kami prioritaskan,’’ ungkapnya.

Ony yang juga penasehat P4GN Ngawi itu menyebut, dalam upaya memerangi narkoba, selama dua tahun terakhir pihaknya melibatkan guru bimbingan konseling SMP dan SMA. Sedangkan pada 2019 ini menggandeng kepala SD.

Langkah menggandeng kepala SD itu dilakukan lantaran pihaknya menilai sosialisasi antinarkotika harus dilakukan kepada anak sejak dini. Pun, dia meminta para orang tua mengawasi penggunaan gadget buah hatinya. Selain itu, meminta sekolah-sekolah lebih sering menggelar kegiatan parenting. ‘’Supaya antara institusi sekolah dan orang tua ada komunikasi yang lebih intensif, terutama dalam hal pengawasan terhadap anak,’’ tuturnya.

Ony menambahkan, sejak 2013 pihaknya telah membentuk sekitar 5.000 duta antinarkoba di Ngawi. ‘’Mereka membantu menyosialisasikan pencegahan dan pemberantasan terhadap peredaran maupun penyalahgunaan narkoba,’’ ujarnya sembari menyebut dinas pendidikan (dindik) juga memiliki peran penting menjauhkan para pelajar dari narkoba. (tif/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button