Ponorogo

Pengesahan Dua Kecamatan Baru Tinggal Tunggu Waktu

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pengesahan dua kecamatan baru tinggal menunggu waktu. Menyusul telah dirampungkannya pemenuhan berbagai persyaratan untuk melahirkan Kecamatan Kota Lama dan Kecamatan Sumberejo. Penambahan desa untuk Sumberejo juga sudah disusulkan ke pemprov. ‘’Kalau Kota Lama, sudah klir persyaratannya,’’ kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Ponorogo Sumani Kamis (9/1).

Mulanya, pemkab menargetkan penuntasan syarat administrasi dua kecamatan baru itu klir di akhir 2019. Namun molor lantaran terbentur syarat yang diatur dalam PP 17/2018 tentang Kecamatan. Dalam PP tersebut, dijelaskan bahwa syarat penduduk untuk calon kecamatan baru minimal 60 ribu jiwa untuk kecamatan yang terdiri dari desa. Serta, 80 ribu jiwa untuk kecamatan yang terdiri dari kelurahan. ‘’Syarat ini sebenarnya fleksibel. Dan pemerintah pusat sudah menyetujui,’’ ujarnya.

Meski persetujuan sudah dikantongi, pemkab tetap diminta menambah desa untuk calon Kecamatan Sumberejo. Supaya tidak terlalu jauh di bawah syarat pembentukan kecamatan baru. Karenanya, pemkab menyertakan empat desa tambahan untuk Sumberejo. Dua di antaranya Poko, Jambon, dan Bringin, Kauman.

Diketahui, Sumberejo akan terdiri dari irisan Jambon, Balong, dan Slahung. Sementara Kota Lama terdiri dari Ponorogo, Siman, Babadan, dan Jenangan. ‘’Setidaknya sudah ditambah walaupun masih belum memenuhi syarat. Karena mencari desa dengan jumlah penduduk enam ribu itu juga sulit, bukan hanya di Ponorogo,’’ ungkapnya.

Penambahan desa sudah diketahui pemerintah pusat. Kemarin tim pemkab yang dipimpin Sekda Agus Pramono juga menyambangi pemprov untuk membahas hal tersebut. Sumani meyakini paparan yang dilakukan sekda menjadi yang terakhir sebelum pengesahan dua kecamatan baru ini. Ditanya soal target, Sumani enggan berspekulasi. ‘’Yang terpenting semua persyaratan ini sudah diselesaikan. Kalau targetnya, ya secepatnya,’’ harapnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button