News

Pengertian Kawih

×

Pengertian Kawih

Share this article

Pengertian Kawih – BANDUNG, –  Warga Bandung, ada yang ingat kawih? Mari kita mengenang dan melihat apa yang terjadi

Salah satu kata dalam bahasa Sunda yang perlu diketahui orang Bandung adalah kawih. Kawih merupakan lagu sunda bebas dimana lagunya berbentuk syair bebas dan tidak terikat dengan kaidah, musik dan lirik didalamnya. Namun, seperti musik, kawih adalah tentang suara atau ritme.

Pengertian Kawih

Formatnya adalah tulisan bebas atau komposisi bebas untuk rumpaka kawih. Setiap jumlah ayat, jumlah baris genap, setiap tekanan di akhir baris dan tema puisi atau terserah pengarangnya.

Naon Maksud Kawih Karatagan Pamuda Indonesia Ieu?

Walaupun kawih itu bebas dan tidak ada aturannya, namun kawih harus mempunyai 4 unsur didalamnya yaitu tema kawih atau judul, bentuk pemikiran dengan pemikiran yang ingin diungkapkan, harus mempunyai jenis suara. itu mengungkapkan. Kawih dengan suara dan pasti mempunyai pesan yang ingin disampaikan.

Kawih juga menggunakan nada pentatonik dan diatonis lho. Contoh kawih buhun (klasik) yang bernada pentatonik adalah Samoja karya Euis Komariah & Mang Koko, Kania, Puspa Reuma, Salam Sono, Ramalan, Asih, Enjing Deui.

Contoh Kawih Wanda Anyar (modern) yang menggunakan tangga nada diatonis adalah Manuk Dadali, Peuyeum Bandung, Mojang Priangan, Bubuy Bulan, Dewi Sartika, Pahlawan Nasional.

Jadi apa kabar Wargi Bandung, tahu sedikit tentang kawih bukan? Dengan banyaknya musik yang populer saat ini, Wargi Bandung patut mengenal kawih dan terus melestarikan budaya Sunda. Saya harap ini bermanfaat!

Rangkuman Kawih Amirah Nayla

Sejarah kawih, kawih, kawih cinta, pengertian kawih bahasa sunda, kawih cianjuran, contoh kawih, kawih tembang, degung kawih, judul kawih, pengertian kawih sunda, kacapi kawih, lagu kawih

Baca Juga  Belalang Nama Organ Gerak Dan Fungsinya