News

Pengertian Bahan Keras

×

Pengertian Bahan Keras

Share this article

Pengertian Bahan Keras – Kerajinan Keras P R A Y K A R A. Rounauli Sabet Tambunan Identitas Izinkan saya memperkenalkan Anda pada beberapa kostum baru! Ups, salah: > Izinkan saya memperkenalkan diri.

Keynote: “Kerajinan Bahan Keras P R A Y K A R A. Identitas Rounauli Sabet Tambunan Izinkan saya memperkenalkan Anda pada sesuatu yang baru! Ups, salah: > Izinkan saya memperkenalkan milik saya.” – Transkrip pidato:

Pengertian Bahan Keras

2 Identitas Rounauli Sabet Tambunan Izinkan saya memperkenalkan Anda pada sesuatu yang baru! Ups, salah :> Izinkan saya memperkenalkan diri 96 Nama dan nama keluarga 29 Nomor kelas Tidak ada

Pengertian Kerajinan Menurut Para Ahli, Tujuan, Jenis, Dan Contohnya

3 Pengertian Bahan Keras Bahan keras alam adalah bahan kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar yang merupakan sumber daya alam antara lain hutan, tanah dan perairan Indonesia. Bahan keras alami dan bahan keras buatan mengacu pada bahan kerajinan yang dicampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi keras dan mempunyai sifat kuat serta tahan lama. Bahan buatan dan keras

6 ciri bahan kayu keras alami – terdiri dari berbagai jenis: mahoni, pinus, jati, kayu hitam, nangka, dll. – keras, biasanya dengan serat atau tekstur kayu yang indah. -Ada cincin pertumbuhan. -Tahan lama dan dapat diukir menjadi bentuk. -Beberapa berbobot ringan; lumpuh dan albasia. Beberapa di antaranya berat; kayu jati. -Kecuali jati, beberapa jenis kayu memuai seiring dengan perubahan suhu. Bambu rotan – Batangnya tebal dan kuat dibandingkan bambu, terutama serat batangnya. – Ada yang berongga (0/2cm sd 1cm), ada pula yang tidak berongga (di dalam rotan). -Memiliki ruas batang, namun lebih lemah dibandingkan bambu. – Meski tanpa digiling, tekstur batangnya tetap halus. -Dapat dipotong-potong atau utuh. – Bentuknya sangat panjang dan bisa mencapai 10 meter seiring dengan penyebaran dan perputaran hidupnya. – Batangnya keras, tetapi akan mudah lapuk karena terus-menerus terkena air. – Ukuran lubang dari 1 cm hingga 20 cm. -Dengan ruas batang. – Meski tanpa digiling, tekstur batangnya tetap halus. -Dapat dipotong-potong atau utuh.

Baca Juga  Pukulan Yang Dilakukan Dengan Cara

7 ciri bahan kaca metalik keras – bening dan transparan. – Berbagai ketebalan. -Permukaan halus dan mengkilat. Dalam hal pengecatan semprot, cat khusus harus digunakan. -Kaca dapat dicairkan dan dibentuk dalam kondisi termal. -Logam terbuat dari berbagai warna. – Ada yang tebal dan berat, ada pula yang rata dan tipis. – Logam mudah terkorosi di udara, sehingga terkadang dilapisi dengan lapisan krom atau lapisan emas murni. Yang lain menutupinya dengan cat. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan perawatan produk logam agar tidak memudar.

8 Kursus Proses Bahan keras (rotan) Bahan produksi – Rotan batangan – – Rotan kupas – – Rotan kupas – – Isian/pengisian rotan – – Minyak tanah – – Belerang – – Paku – – Poliester – Alat produksi – Bor meja – – Gunting rotan – – Palu – – papan bengkok – – amplas – – gergaji – – kompor – – kuas – kerajinan tangan

Contoh Kerajinan Bahan Keras, Simak Pula Pengertian Dan Teknik Pembuatannya

9 Proses Penghasilan Bahan Keras (Rotan) Setelah daun berduri dibersihkan, rotan harus diawetkan dan dilindungi dari noda biru yang disebabkan oleh jamur. Ada dua cara pengolahan bahan baku rotan: rotan sedang dan besar dikukus dengan minyak tanah, dan rotan kecil difumigasi dengan belerang. Selain itu rotan juga dapat diolah menjadi berbagai bahan baku. Rotan sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum digunakan agar rotan lentur dan mudah dibentuk. Teknik pembentukan rotan antara lain menenun dan menempel. Proses produksi rotan dan anyaman Produksi rangka Tenun Pengecatan Finishing 1 2 3 4

10 Membuat kerajinan tangan dari bahan keras Stand alat tulis a.Mengidentifikasi kebutuhan perencanaan Misalnya yang sangat dibutuhkan siswa saat ini adalah tempat alat tulis atau vas bunga yang dapat diletakkan di meja kelas. Pemikiran/Ide Siswa akan membuat tempat pensil dengan menggunakan bahan alami keras yang ringan namun kuat dan tahan lama. Terinspirasi dari berbagai media, siswa menjadi tertarik dengan kerajinan tangan berbahan rotan. 1) Menentukan bahan dan fungsi kerajinan tangan dari bahan alam. 2) Menggali ide dari berbagai sumber. 3) Buatlah sketsa karya Anda dan pilih yang terbaik dari sketsa tersebut.

Baca Juga  Alat Musik Yang Menggunakan Selaput Tipis Sebagai Sumber Bunyi Disebut

11 Pembuatan kerajinan keras b.Pelaksanaan 1) Penyiapan bahan pembuatan kerajinan rotan. 2) Mempersiapkan alat untuk membuat kerajinan rotan. 3) Proses produksi kerajinan rotan.

Download ppt “Kerajinan Bahan Keras P R A Y K A R A. Rounauli Sabet Tambunan IDENTITAS Izinkan saya memperkenalkan Anda pada sesuatu yang baru! Ups, salah: > Izinkan saya memperkenalkan Anda pada milik saya.”

Pas Prakarya Kelas 9 Worksheet

Agar situs web dapat beroperasi dengan baik, kami mendaftarkan data pengguna dan membaginya dengan pemroses kami. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.

Bahan keras, pengertian bahan keras alam, pengertian perangkat keras komputer, pengertian perangkat keras, jelaskan pengertian kerajinan bahan keras, pengertian kerajinan bahan keras, kerajinan dari bahan keras, pengertian bahan keras buatan, jelaskan pengertian bahan keras buatan, pengertian kerajinan dari bahan keras, kerajinan bahan keras buatan, produk kerajinan bahan keras