Ponorogo

Pengendara Ngebet Tancap Gas di Jalan Sudirman Ponorogo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Jalan lempeng yang kini searah membuat pengendara maupun pengemudi ingin tancap gas. Itu hasil evaluasi anggota Satlantas Polres Ponorogo dari penerapan uji coba hari pertama jalur searah di Jalan Jenderal Sudirman. ‘’Kecepatan pengguna jalan perlu dikurangi,’’ kata Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Ponorogo Iptu Agus Syaiful Bahri, Selasa (12/10).

Menurut dia, tiadanya barrier (pembatas) yang selama ini terpasang membuat Jalan Sudirman menjadi tampak lapang. Namun, aksi aji mumpung pengendara dan pengemudi yang berkecepatan tinggi berisiko memicu kecelakaan. Syaiful menyarankan dinas perhubungan (dishub) segera memasang rambu satu arah dan tanda larangan belok di setiap persimpangan yang ada. ‘’Untuk menekan risiko kecelakaan bersamaan sosialisasi selama satu minggu,’’ ujarnya.

Sementara itu, arus lalu lintas seolah berada dalam satu pusaran yang sama. Rekayasa lalu lintas satu arah di Jalan Jenderal Sudirman akhirnya berimbas ke penumpukan arus di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Salah satu pertigaan yang memotong Jalan HOS Tjokroaminoto itu akhirnya ikut mengalami perubahan arah. ‘’Semula dari timur ke barat, sekarang dari barat ke timur,’’ ungkap Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Ponorogo Ipda Bagus Sulisyono.

Penerapan jalur searah di Jalan Jaksa Agung Suprapto itu tetap hanya berlaku untuk mobil. Sepeda motor bebas jalan dari dua arah berlawanan. Bagus sempat menyorot keberadaan pedagang kaki lima di ujung barat Jalan Jaksa Agung Suprapto yang memakan ruas jalan. Penertiban sudah dilakukan pihak yang berkompeten. ‘’Karena volume kendaraan yang melintas (Jalan Jaksa Agung Suprapto) bertambah,’’ ujar Bagus.

Pihaknya juga memberi perhatian pada arus dari Jalan Gatotkoco dan Jalan Ontorejo yang sekarang hanya boleh belok kiri di ujung Jalan Jenderal Sudirman. Road barrier sengaja dipasang agar pengguna jalan tidak keliru arah. ‘’Barrier sebaiknya juga terpasang saat face-off pedestrian berlangsung,’’ tuturnya. (mg7/c1/hw)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button