Magetan

Pengecoran Jalan Karas-Prampelan Sisa Satu Km

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Proyek peningkatan Jalan Karas-Prampelan memang sudah rampung sebagian tahun ini. Mulai dari Desa Soboronto hingga perbatasan Dusun Kutu Gandri, Kauman. Pekerjaan tahap pertama itu digarap oleh CV Muslim Jaya. ‘’Pada masa perubahan anggaran keuangan (PAK) 2019, kami lanjutkan sisa pekerjaannya,’’ kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Muchtar Wahid.

Pekerjaan paket kedua proyek peningkatan jalan itu bergeser ke sisi timur. Tepatnya mulai dari batas timur Dusun Kutu Gandri dengan Desa Prampelan atau sampai Jembatan Gandri. Peningkatan jalan itu sendiri masih menyisakan panjang satu kilometer. ‘’Anggarannya sekitar Rp 1,6 miliar,’’ ujarnya.

Dalam mekanisme pengerjaannya nanti ruas jalan tersebut akan ditutup. Kendaraan yang melintas di jalan penghubung antara Kecamatan Karang dengan Karangrejo itu akan dialihkan. ‘’Banyak jalan alternatif yang bisa dilewati masyarakat untuk sementara waktu,’’ ungkap Muchtar.

Muchtar optimistis pekerjaan itu bisa selesai Desember. Lagi pula, saat ini kondisi kondisi jalan penghubung antar kecamatan tersebut beberapa sisinya sudah dipadatkan. Pekerjaan hanya akan memakan waktu lama pada masa pengeringan. ‘’Sudah kami perhitungkan. Masih cukup waktunya,’’ tuturnya.

Dijelaskannya, sistem cor sengaja dipilih karena kontru tanah jalan tersebut labil. Sebab, lokasinya berada di tengah persawahan. Selain itu, beberapa meter bahu jalan tersebut tidak dilengkapi saluran air. ‘’Jalan yang tanahnya labil memang butuh penanganan khusus. Berat diawal, tapi ringan untuk perawatan,’’ jelas Muchtar.

Sedangkan tahun depan, Muchtar mengaku bakal melanjutkan optimalisasi jalan itu hingga masuk Desa Prampelan. Pengerjaannya dengan cara diaspal hotmix. Yang jelas, kata dia, jalan itu ditingkatkan secara bertahap. ‘’Sedikit demi sedikit, bertahap,’’ pungkasnya. (bel/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button