Madiun

Pengalaman Gerick Turun di Kejuaraan Dunia Basket 3×3 di Hungaria

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Masyarakat Kota Madiun patut berbangga. Fransiscus Gerick Fernando, warga Jalan Setiaki, lolos timnas basket 3×3 Indonesia U-18. Agustus lalu, remaja 18 tahun itu turun di kejuaraan dunia di Hungaria.

Di kejuaraan tersebut, timnas basket 3×3 U-18 Indonesia masuk pool A bersama Brasil, Kazakhstan, dan Ukraina. Meski tidak mampu meraih satu kemenangan pun, perjuangan Gerick dkk patut diapresiasi lantaran mereka telah berusaha tampil maksimal. ‘’Waktu lawan Ukraina, salah seorang teman kami cedera sehingga hanya mengandalkan tiga pemain,’’ kenang Gerick, Selasa (21/9).

Di kejuaraan itu, tim Indonesia tidak hanya dihadapkan dengan lawan-lawan berat. Melainkan juga kondisi cuaca yang sangat dingin hingga sedikit banyak memengaruhi performa mereka di lapangan. ‘’Saking dinginnya, bola terasa berat dan tangan kaku. Syukurlah, kami tidak sampai jatuh sakit,” ujar warga Jalan Setiaki, Kota Madiun, itu.

Persiapan timnas basket 3×3 U-18 Indonesia menjelang terjun di kejuaraan dunia itu pun terbilang mepet. Gerick dkk hanya menjalani training camp sekitar dua pekan, tepatnya 8-21 Agustus. ‘’Kami terbang ke Hungaria 22 Agustus dan kembali ke Indonesia 30 Agustus. Sampai sini karantina dulu selama delapan hari,’’ ungkap Gerick.

Gerick menekuni basket sejak duduk di bangku kelas III SD. Berawal setelah kerap diajang sang kakek ke lapangan melihat pemain basket beraksi. ‘’Kebetulan kakek atlet basket,’’ kata siswa kelas XII SMA BPK Penabur, Cirebon, Jawa Barat, itu.

Setelah sempat rehat setahun saat kelas VI SD, dia digembleng langsung oleh kakeknya hingga SMP. Sang kakek yang tahu betul cucunya lantas menitipkan Gerick ke klub rekannya di Cirebon. Tujuannya agar potensinya semakin berkembang lantaran didukung fasilitas latihan yang memadai. ‘’Kelas IX SMP saya pindah ke Cirebon,’’ ujarnya.

Upaya sang kakek tidak keliru. Sejak 2018 Gerick bersama timnya merajai kejuaraan tingkat Kota Cirebon. Kemudian, pada 2019 dia lolos seleksi timnas. Sementara, tahun lalu putra pasangan Hundoyo dan Sherly Dewi Anggraini itu sempat membawa timnya meraih juara IV kejurnas. Terbaru, mewakili Indonesia bertanding di ajang FIBA 3×3 World Cup U-18 di Hungaria. (irs/isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button