Madiun

Pendirian Pasar Legi Sambirejo Libatkan Banyak Instansi

DPMD Minta Legalitas Segera Diurus

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Madiun meminta Pemerintah Desa (Pemdes) Sambirejo, Jiwan, segera mengurus legalitas pendirian pasar hewan baru. Bersamaan masa uji coba Pasar Legi, sebutan pasar hewan tersebut, hingga dua bulan ke depan. ‘’Urusan prosedural segera ditindaklanjuti,’’ kata Kepala DPMD Kabupaten Madiun Joko Lelono Minggu (28/6).

Menurut dia, aktivitas perdagangan di lapangan Desa Sambirejo Rabu lalu (24/6) itu belum bisa sebut pasar. Melainkan masih embrio. Pendirian pasar sebatas rencana. Mengenai itu, lembaganya tidak mempermasalahkan. ‘’Boleh-boleh saja kalau tujuannya memberdayakan masyarakat dengan peluang yang ada,’’ ujarnya.

Joko sepakat adanya peluang sektor ekonomi pasca ditutupnya Pasar Pon Kota Madiun. Karenanya, pemdes diminta segera mengurus perizinan sebelum terjadi hal tidak diinginkan. Apalagi cukup banyak tahapan yang mesti dilalui untuk mendirikan pasar. Juga melibatkan banyak instansi. ‘’Terutama yang berkaitan dengan alih fungsi aset desa,’’ ucapnya.

Sesuai rencana pemdes, Pasar Legi bakal dibangun di lahan kas desa setempat. Memanfaatkan area persawahan seluas sekitar delapan ribu meter persegi di sebelah barat lapangan desa. Saat ini, ada empat lahan yang masih ditanami padi. Pengeringan lahan menjadi tahap penting sebelum kawasan itu disulap menjadi pasar. ‘’Pengeringan lahan sawah itu juga perlu pertimbangan dari dinas terkait sesuai Permendagri 1/2016 tentang Pengelolaan Aset Desa,’’ terang Joko.

Dia menambahkan, rencana alih fungsi harus melalui musyarawah desa. Jika sudah ada kesepakatan, bisa ditindaklanjuti ke dinas-dinas terkait. Tidak terkecuali dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) untuk keperluan perizinan. ‘’Kalau betul rencana pasar hewan itu dilanjutkan, harus ikuti peraturan yang berlaku,’’ tekannya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close