Madiun

PENDIDIKAN: Regulasi PPDB Masih Gelap

MADIUN – Sinyal jadwal penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA dan sederajat sudah muncul. Diperkirakan, pelaksanaannya Juni mendatang. ’’Tapi regulasinya belum. Mungkin regulasi masih sama dengan tahun lalu,’’ ujar  Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jatim Wilayah Madiun Supardi.

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis maupun petunjuk pelaksanaan PPDB. Sehingga, peraturan pun termasuk dengan kuota zonasi masih sama dengan tahun lalu. Untuk jumlah rombongan belajar (rombel) untuk SMA dan SMK masing-masing 35. Selain itu, kata dia, pendaftaran juga dilakukan secara online dan offline. ’’Online itu kan sesuai dengan nilai ujian nasional itu,” ungkap Pardi.

Menurutnya, untuk pendaftaran offline dimulai pada pertengahan Mei mendatang. Itu termasuk jalur prestasi dan jalur bidikmisi. Setelah itu, barulah pendaftaran online yang sesuai dengan nilai ujian. Supardi mengungkapkan kalau pihaknya belum menerima ketentuan mengenai berapa kuota yang disediakan untuk siswa yang tidak mampu. Namun, dia menyebut kalau pasti ada. ’’Kami belum bisa sampaikan, aturan untuk tahun ini belum disampaikan,” bebernya.

Pun, termasuk dengan jumlah siswa disabilitas untuk sekolah-sekolah yang ada inklusinya. Jadi, kata dia, kalau mengacu tahun lalu, maka masih akan tetap ada jalur PPDB dengan menggunakan jalur SKTM. Jika itu memang masih berlaku, pihaknya masih akan menjalankan sesuai aturan. Jika ada petunjuk baru, maka tinggal menyesuaikan. ’’Jadi, masih mengacu tahun lalu,” tegasnya.

Supardi belum mengomentari mengenai aturan baru soal PPDB yang mengacu dari peraturan menteri yang baru. Dia menyebut kalau kemungkinan memang akan ada aturan baru. Termasuk aturan mengenai jumlah kuota untuk siswa miskin yang menggunakan SKTM atau keterangan yang lain seperti Kartu Indonesia Pintar, atau kartu yang lain. ’’Belum, kami belum berani sampaikan,’’ katanya. (fat/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button