MadiunPendidikan

Pendidikan Karakter, Tiga Jam Wajib Belajar di Luar Kelas

Songsong Hari Anak Internasional 2019

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Belajar tidak melulu di dalam kelas. Bisa di mana saja dan kapan saja. Sebanyak 14 SMPN dan 9 SMP swasta, 56 SDN dan 16 SD swasta bakal belajar di luar kelas serentak, Kamis (7/11).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Heri Wasana instruksi menyongsong hari anak internasional itu dilandasi surat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) RI Nomor B-1169/KPP-PA/D.IV.4/PA.02/10/2019. ‘’Sudah kami imbau untuk dilaksanakan secara serentak, jadwalnya sudah diatur dari pusat,’’ terangnya.

Kegiatan belajar mengajar di luar itu dimulai pukul 07.00 hingga 10.00. Tempatnya tetap di lingkungan masing-masing satuan pendidikan. ‘’Prinsipnya tidak sampai keluar dari lingkungan sekolah,’’ lanjutnya.

Gerakan itu, tegas Heri, untuk penguatan pendidikan karakter. Dalam rangka mencetak generasi unggul untuk menjawab tantangan kemajuan era industri 4.0. Juga untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak. ‘’Agar terjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan murid maupun orang tua,’’ ungkapnya.

Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim Wilayah Madiun juga mewajibkan seluruh SMA/LB/SMK di bawah naungannya melaksanakan gerakan tersebut. Melalui surat edaran Nomor 005/4060/101.6.16/2019 tertanggal 4 Nopember 2019. ‘’Wajib hukumnya bagi SMA di bawah naungan kami,’’ jelas Kepala Cabdindik Jatim Wilayah Madiun Supardi.

Meskipun tidak ada punishment, Supardi bakal memeringatkan sekolah yang enggan melaksanakan kegiatan tersebut. Dia pun meyakini kegiatan ini memiliki manfaat besar. Terutama untuk perkembangan kognitif peserta didik. ‘’Kalau tidak melaksanakan berarti melanggar etika karena itu perintah,’’ tegasnya.

Cabdindik Jatim Wilayah Madiun membawahi 171 SMA/LB/SMK. Mulai Kota/Kab. Madiun hingga Ngawi. Pihaknya mengimbau sekolah dapat menggelar kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pun memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa belajar tidak hanya dilakukan di kelas. ‘’Belajar dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun,’’ ucapnya. (kid/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button